Komponen Komponen Utama Pada Komputer dan Fungsinya - Marzep Design

Komponen Komponen Utama Pada Komputer dan Fungsinya

Apa itu komponen utama komputer? Komponen utama komputer adalah sekumpulan perangkat keras atau dalam kata istilah Hardware yang saling berkaitan satu sama lain (melengkapi) agar bisa mamaksimalkan kinerja komputer.

Komponen utama penyusunan sistem komputer ada 3 yaitu: Hardware (perangkat keras/fisik), Software (perangkat lunak/aplikasi), dan Brainware (pemakai/operator dlm kata lain manusia).

Komponen Komponen Utama Pada Komputer dan Fungsinya

Ketiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, apakah itu benar? Jawabanya bisa, kenapa bisa contoh saja Hardware dengan Brainware itu berpisah masa manusi sama CPU nyatu:v tidak masuk akal bukan emang kita bisa pisahkan satu sama lainya tapi kalau di pisah itu cuman komponen saja lalu bagaimana kita bisa menjalankan komputer sedangkan 3 komponen itu tidak disatukan/dilakukan.

Jadi istilah tidak bisa dipisahkan bukan berarti 3 komponen tersebut harus menyatu, tapi yang betul adalah ke 3 komponen itu merupakan satu kesatuan dimana ada hardware untuk melengkapinya harus ada sofware na, jika hardware dan sofware sudah menyatu atau terpasang terus bagaimana 2 komponen ituh bisa beroperasi, nah itu dia kita memerlukan Brainware pengguna jadi ketiga komponen tersebut harus saling melengkapi satu sama lain agar bisa beroperasi.

Apa aja sih komponen utama cpu pada komputer ituh? Untuk mengetahuinya baca sampai selesai.

Bagian bagian Komponen utama komputer dan fungsinya


-Motherbord

-Processor

-Power supply

-Hard disk

-VGA Card

-PC Cooler? Hestsink

-Memory RAM

Fungsi Komponen komponennya


1. Motherboard

Motherboard


Motherboard adalah perangkat keras dalam sitem komputer yang berbentuk printed ciruit board(PCB).

Motherboard bisa dikatakan tulang punggung (backbone) dari sitem komputer, semua komponen komputer pasti terhubung dengan motherboard baik langsung maupun tidak langsung.

Fungsi dari motherboard tersebut untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer.

Untuk bagian bagian bagian Motherboard disini.

2. prosessor

bagian processor


Merupakan otak pusat pengendalian komputer yang terhubung ke komponen lain sehingga dapat berkerja satu dengan yang lainnya. Prosessor adalah chip yang sering disebut mikroprosessor.

Ukuran prosessor adalah Mega Hrtz (MHz) yaitu hitungan kecepatan dalam mengelola data/informasi, semakin besar MHz pada prosessor maka semakin cepat proses kinerja atau pengaksesan data/informasi.

Fungsi utama pada prosessor untuk mengontrol keseluruhan jalanya sebuah sistem komputer oleh karena itu Prosessor disebut otaknya komputer.

4. Power supply

bagian power supply


Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplay daya ke komponen-komponen yang lain. Power supply bisa di bilang jantung komputer, jadi mustahi komputer dapat hidup tanpa komponen yang satu ini.

3. Hard disk

Bagian Hard disk


Hard disk atau Hard Drive adalah area penyimpanan magmetised. Sistem operasi kita disimpan pada hardisk, serta semua program perangkat lunak (software), seperti M word atau yang lainya.

5. VGA Card

Bagian VGA


Video Graphic Adapter atau VGA adalah perangkat keras yang berfunsi untuk mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit) perangkat ini juga sangat dibutuhkan dan berpengaruh pada grafik yang akan ditampilkan ke monitor, khususnya bagi Desaigner juga Gamer.

6. PC Cooler/ Heatsink

Bagian PC cooler


Pc Cooler adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh processor.

7. RAM

Bagian RAM



Random Acces Memor atau Ram adalah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data sementara seperti intruksi yang dilakukan oleh prosessor , jadi beda ya RAM dengan Hard disk.

Saat komputer dimatikan data pada RAM akan hilang, berlaku saat kita memakai komputer terus merus dalam jangka yang waktu yang lama dan kinerja komputer lambat lalu kita restart dan saat komputer dipakai lagi akan stabil kembali jadi data pada RAM yang disimpan akan menghilang jika komputer mati karena itu penyimpanan sementara.

RAM pada komputer bisa ditambah ya, Misalkan dalam 1 slot itu RAMnya 2GB lalu kita tambah di slot ke 2 RAMnya 2GB juga jadi total 4 GB, biasanya slot untuk RAM lebih dari 2 tergantung motherboard yang kita pakai.

8. LAN Card


LAN Card atau port NIC merupakan salah satu media pendukung yang sangat vital perannya dalam membangun suatu jaringan komputer. Fungsi Lan Card untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya menggunakan kabel.

Itu saja tentang Bagian bagian Komponen utama komputer dan fungsinya. Terma kasih sudah membaca sampai selesai, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Komponen Komponen Utama Pada Komputer dan Fungsinya"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel