Pengertian sistem operasi komputer - Marzep Design

Pengertian sistem operasi komputer

Pengertian Sistem operasi Komputeradalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi, atau singkatnya:

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerjemah, penghubung dan juga sebagai jembatan anatara manusia dengan komputer. “kenapa perlu penerjemah?” Karena penerjemah dibutuhkan saat ada komunikasi dengan dua bahasa yang berbeda, contoh: manusia menggunakan bahasa, inggris, indonesia atau pun sunda, dll. Dan komputer tidak mengenalli bahasa tersebut, komputer menggunakan basaha mesin komputer cuman mengerti Ya/tidak, on/off, 1 atau 0.

Contoh: kita ketik huruf (A) dikomputer, nah jika kita tekan tombol (A) di keyboard maka akan ada sinyal bahwa tombol (A) ditekan, karena komputer tidak mengenal huruf alfabet (A-Z) disitulah sistem operasi berperan, sistem operasi menerjemahkan huruf (A) tersebut kebilangan binner.

Pengertian sistem operasi komputer
Pengertian sistem operasi komputer

Setelah diterjemahkan ke bilangan binner tentu komputer tersebut sudah mengerti bahwa huruf (A) ditekan maka komputer akan merespon kembali dengan bilangan binner lagi terus sistem operasi akan menerjemahkan kembali bilangan binner tersebut menjadi huruf (A) yang ditampilkan dimonitor.

Proses itu akan berjalan terus menerus dan berjalan dengan cepat, tapi tergantung komputer atau leptop yang kalian pakai, jika komputer kalian spesifikasinya sangat rendah mungkin tidak akan secepat itu.

Sistem operasi juga  berfungsi untuk melakukan kontrol dan menjalankan perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengelolahan data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia dengan komputer.

Sistem Operasi dalam bahasa inggris disebut Perasting System, atau biasa di singkat dengan OS. Sistem Operasi merupakan software pada lapisan pertama yang dilakukan pada memori komputer (Hardisk) pada saat komputer dijalankan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi komputer berjalan dan sistem operasi akan melakukan layanan init umum untuk software-software, layanan inti umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem operasi berfungsi juga sebagai penghubung antar lapisan hardware dan lapisan software. Selain itu Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan, tetapi sesuai dengan spesifikasi komputer yang digunakan.

Sistem operasi komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain. Dan mempunyai akses terhadap sistem file jika beberapa aplikasi bejalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat. Sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling menggangu dengan perangkat yang lain.

Ada berapa banyak sistem oprasi

Nahkan, kalian sudah tau fungsi sistem operasi untuk menjambatani manusi dengan komputer atau juga berfungsi untuk bertugas seperti yang sudah di jelaskan diatas, terus ada berapa sih sistem operasi yang ada?, sebenarnya sistem operasi itu ada banyak sekali, tapi saya akan bahas tiga saja.

Windows

Windows adalah yang sering kita gunakan, atau yang kalian pakai saat ini juga pakai windows iya, karena  windows sangat populer saat ini. Windows memiliki sejarah yang panjang dari Windows 1.0 yang di liris pada tahun 1985 sampai saat ini windows 10, dan sebagai windows yang terakhir, jadi tidak akan ada  windows 11, tapi untuk pengguna windows kemungkinan sangat ingin ada windows terbaru, tetapi jangan khawatir karena windows kemungkinan akan terus memupdate fitur-fitur baru.

Mac Os

Mac Os juga mengiringi perjalanan windows sampai sekarang namanya diubah menjadi Os x.

Os x atau kepanjanganya Os X El caption. Dan yang ketiga:

Linuk

Linuk adalah sistem operasi yang sangat banyak, ada banyak sekali macam sistem operasi linuk. Kenapa, karena linuk adalah sistem operasi yang open source atau sumber terbuka jadi itulah sebab kenapa linuk bermacam-macam, iya karena sistem operasi linuk semua orang boleh memodipikasi atau mengembangkan sistem operasi linuk. ini lah distro linuk.

distro linuk
distro linuk

Itulah penjelasan tentang pengertian sistem operasi komputer. Terimakasi sudah membaca sampai selesai.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:Cara Memberbaiki Komputer Mati Total atau Blank

0 Response to "Pengertian sistem operasi komputer"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel