pengertian jaringan client server dan peer to peer (LENGKAP!) - Marzep Design

pengertian jaringan client server dan peer to peer (LENGKAP!)

Jaringan Client Server dan Peer To Peer adalah sebuah bentuk jaringan. Seperti yang sobat ketahui jaringan adalah sekelompok atau sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain untuk salin untuk mendistribusikan pake atau data dari komputer satu ke skomputer lain, Untuk lebih jelas:

Baca juga: Apa itu jaringan

Jaringan Client Server dan Peer To Peer ini desain sebuah topologi jaringan yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, berikut adalah:


Pengertian Jaringan Client Server dan Peer To Peer


1.    Apa itu Jaringan client server
pengertian jaringan client server
Client server adalah suatu bentuk desain jaringan untuk mendistribusikan paket/data ke dalam dua pihak, dimana client adalah perangkat yang akan menerima paket/data dan akan menjalankan aplikasi (software) dan server adalah perangkat yang akan monitoring dan menyediakan pengelola aplikasi/data.

Dalam model client server sebuah aplikasi/paket data dibagi menjadi dua, tetapi masih  dalam sata kesatuan yaitu komponen client yang sering disebut sebagai back-end, dan komponen server disebut front-end. Server biasanya terhubung dengan client menggunakan kabel UTP, jaringan ini biasanya dipakai di warnet atau bisa juga dipasang di leb peraktek komputer sekolah.

Fungsi jaringan Client Server
Dalam jaringan Client Server ada komputer server dan komputer client. Fungsi dari komputer server tersebut bisa untuk menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada hard disk komputer server, mengatur komunikasi antar workstation, mengkordinasi printer untuk berbagi dengan komputer client, untuk sharing software dan hardware dengan komputer server, memeriksa Autorisasi, menjamin tidak terjadi pelanggaran atau error pada integrity constraint, melakukan quey/pemrosesan response ke komputer client dan memelihara data dictionary.

Fungsi dari komputer client ini untuk menerima data atau fasilitas dari komputer server. Client memanfaatkan layanan jaringan untuk terhubung dengan komputer server maupun dengan komputer lain dalam satu jaringan tersebut. Untuk fungsinya komputer client biasa untuk mengatur user interface, menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai, memproses aplikasi, generate permintaan basis data dan memindahkannya ke komputer server, menyediakan akses n=basis data secara bersamaan, dan menyediakan kontrol recovery.

Cara membuat jaringan client server
Bahan sudah tentu harus ada komputer banyak 3 sampai 10 lebih dan untuk komputer server spesifikasinya harus besar, contoh: spesifikasi pada komputer server RAM 8 GB dengan processor yang cepat kalo untuk komputer client sobat bisa memakai komputer yang dibawah spesifikasi komputer server. Bahan lain:

Switch atau hub ini berfungsi untuk  menghubungkan semua perangkat dan switch menjadi pusat agar komputer bisa saling terhubung. Sobat bisa memilih switch atau hub tapi kalo boleh saya sarankan pake switch saja karena switch memiliki port ethernet yang banyak dan kinerjanya lebih cepat.

Setelah itu Kabel,  tentu untuk menghubungkanya sobat perlu kabel, kabel yang digunakan adalah kabel UTP tipe straight, kabel UTP sobat bisa langung membeli yang sudah jadi dan tinggal pakai saja atau buat sendiri tapi harus beli peralatanya dengan komplit.


Kelebihan Client Server
-Lebih aman.
-sebuah data  dapat di backup pada satu lokasi sentral.
-Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus dengan satu komputer server.
Kekurangan Client server
-Membutuhkan administrator yang handal.
-pembuatanya lumanya mahal.

2.    apa itu jaringan peer to peer
pengertian jaringan peer to peer
Peer to peer merupakan model jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan menjadi client secara bersamaan. Peer to peer biasanya terdiri dari dua atau beberapa perangkat komputer, dimana setiap komputer yang terdiri dalam jaringan tersebut bisa saling berbagi satu sama lain. Jaringan peer to peer ini dapat digunakan di gunakan di perkantoran atau di rumahan.

Fungsi jaringan Peer TO Peer
Jaringan peer to peer ini bisa untuk sharing file-file besar dengan cepat dari pada pakai flesdisk harus colok sana sini kalo pake jaringan model peer to peer sobat cuman butuh kabel UTP tipe cross tingal sambungkan dan bisa langsung kompigurasi. Tapi ingat jangan keseringan menggunakan alternatif ini karena komputer akan terinpeksi virus.

Cara membuat jaringan peer to peer
Cara membuat nya cukup mudah simple dan tentu murah. Sobat cuman perlu dua komputer atau lebih tapi jangan terlalu banyak juga karena jaringan ini hanya untuk jaringan sekala kecil. Sobat perlu komputer dan kabel saja terus sampungkan dan sobat bisa shering file-file besar dengan cepat.

Kelebihan Peer To Peer
-Pembuatannya tidak terlalu mahal
-Tidak membutuhkan administrator yang handal
Kekurangan Peer To Peer
-Tidak cocok digunakan untuk jaringan skala besar, karena administrasi akan jadi tidak terkontrol.
-Tingkat keamanan rendah
-Semakin banyak yang dishare akan mempengaruhi kinerja komputer.

Perbedaan jaringan client server dan peer to peer
Untuk perbedaanya mungkin sobat sudah ada gambaran dari penjelasan di atas. Jadi client server dan peer to peer fungsinya hampir sama cuman bedanya dalam sigi perangkat peer to peer tidak menggunakan switch atau hub dan tipe kabel UTP yang berbeda , dan jaringan Client server biasa digunakan untuk sekala yang besar seperti warnet atau leb TKJ di sekolah kejurusan(SMK) biasanya

Itulah pengertian jaringan client server dan peer to peer (LENGKAP!) Semoga bermanfaat dan Terimakasih😊


0 Response to "pengertian jaringan client server dan peer to peer (LENGKAP!)"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel