Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE - Marzep Design

Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE

                     pengertian SEO ON PAGE dan OFF PAGE

Apa itu SEO-Sebelumnya saya sudah jelaskan Apa itu SEO(search Engine Optimization) Kali ini saya akan jelaskan dua jenis teknik SEO, yaitu Teknik SEO On Page dan Off page adalah dua jenis teknik SEO yang harus dilakukan pada website atau blog, Apa lagi buat Website bisnis Online.

Teknik SEO dilakukan agar website mencapai rengking terbaik dalam penelusuran oleh sebab itu sobat yang ingin memiliki sebuah website harus tau dulu pengertian SEO dan kedua jenis teknik SEO ini.

Bila kedua jenis teknik SEO ini dilakuka pada website atau blog sobat dengan cara yang benar, maka website atau blog sobat dipastikan akan lebih maksimal kinerjanya dan akan mendapatkan posisi terbaik dalam penelusuran.

Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE

Apa itu SEO ON PAGE
Apa itu seo on page

Seo On Page Merupakan Optimisai SEO yang dilakukan didalam website sobat. Dan ada berbagai cara untuk dilakukan untuk Optimisasi SEO ON PAGE ke website atau blog sobat, cara optimasi seo on page ini dilakukan pada dalam website atau blog seperti:

1.    URL Domail
Sebelum membuat website atau blog pastikan sobat untuk memahami terlebih dahulu website yang akan dibuat, mau buat website dengan Topik apa website atau blog yang akan dibuat.

Kemudian tujuan website atau blog sudah jelas dengan URL Domain yang diinginkan, karena dasar agar website atau blog terus mengingkat kinerjanya dimulai dengan pemilihan URL Domail.

Hindari untuk penggunaan domain dengan tanda Hyphens(-) dan hindari penggunaan angka di URL Domain, Contoh: website-sobat.com atau websitesobat123.com apa lagi website-sobat123.com itu harus di hindari.

Contoh : ULR baik untuk digunakan unduh.com secara tidak langsung sudah berkompetisi dalam membangun meningkatkan keyword unduh.com karena nantinya sobat akan membuat website unduh atau download, jadi saat membuat URL Domain website sobat sesuaikan dengan yang akan dibahas nantinya di website.

2.    Template
Setelah sembuat website atau blog maka sobat harus memasang template(Tema) pada website atau blog sobat, Pilih template yang SEO Friendly untuk website atau blog.

Sobat bisa mendapatkan Template SEO Friendly Premium secara Gratis, karena saat ini banya yang menyediakan template seo friendly dan bisa mengunduh secara gratis. Namun jika mengunakan template gratis sobat tidah bisa mengedit sesuai keinginan tetapi jika membeli template seo firendly premium di situs penyedianya saat sobat menggunakannya bisa diedit sesenang hati sobat.

3.    Tag Judul
Apa itu tag judul tag judul merupakan elemen penting untuk mendefinisikan isi postingan, tag judul sering ditampilkan oleh Search Engine (mesin pencari) Google pada halaman hasil pencarian.

Sebaiknya sobat menggunakan tag judul dengan panjang 50-60 karakter. Bila sobat menggunakan tag judul dibawah 50 karakter maka setidanya 95% dari judu artikel akan ditempilkan dengan benar di halaman hasil penelusuran.

4.    Mate tag
Mate tag ini terdiri dari Mate Description, Mate Keyword, dan Mate Content yang akan nantinya membuat  website atau blog sobat bisa lebihcepat terindex oleg Search Engine(mesin pencari) Google.

Mate tag juga sangat penting karena akan memberikan informasi penting tentang halaman website atau blog sobat kepada google Crawler.

Mate tag tidak akan tampil secara keseluruhan pada halaman website, namun hal tersebut sangan penting karena akan bekerja pada mesin pencari Google.

5.    Heading H1 – H4
Heading Tag adalah kode HTML untuk mengatur tingkat judul pada sebuh website atau blog. Heading tag memiliki 6 tingkat namun pada umumnya heading hanya digunakan sampai di heading <H4> saja.

Mesin pencari akan membaca website sobat dengan keseluruhanya  dimuali dari kiri atas sampai kanan bawah. Maka dari itu penting untuk menempatkan tag H1 pada kalimat pertama pada konten website. Umumnya H1 ditampilkan pada judul artikel.

Selain H1 penting juga untuk menampilkan H2 dan H3 pada konten  yang ada pada halaman. H2 biasa ditampilkan pada tag judul widget atau pada subheading.

6.    Image ALT Text
Image alt text adalah untuk memberi judul pada gambar yang tercantum pada konten agar dapat menjadi SEO Friendly dan agar terindex oleh mesin pencari dengan mudah.

Hal tersebut membuat website atau blog sobat mendapatkan Treffic lebih dan akan menambah kepercayaan user bahwa website atau blog sobat nyaman untuk diakses. Perhatikan saat mengupload gambar pastikan nama untuk gambar merupakan keterangan singkat menjabarkan gambar tersebut.

Memasang alt text pada setiap gambar agar membermudah mesin pencari gambar apa yang ditampilkan di konten sobat. sebaiknya sobat memberiketerangan pada gambar memiliki panjang 5-15 karakter agar membermudah mesin pencari untuk mengetahuinya.

Untuk SEO sebaiknya sobat memasukan keterangan dengan kata kunci yang sudah sobat targetkan tapi kata-katanya harus relevan atau berkaitan dengan gambar tersebut.

7.    Internal Link
Internal link adalah link pada konten yan tercantum internal link harus diletahan disetiap konten sobat agar memudahkan robot mesin pencari google untuk menjelajahi seluruh halaman website atau blog sobat melalu link tersebut.

Maka dari itu internal link sangan penting. Struktur rapih membuat semua konten terindek dengan baik oleh mesin pencari. Selain internal link fungsinya agar robot mesin pencari untuk menjelajah para pengunjung atau pembaca bisa mengakses link tersebut dengan link terkait lainya.

Hal tersebut membuat para pengunjung betah berlama-lama  mengakses artikel dengan link yang ada pada konten tersebut jadi itu sangan penting untuk SEO apa lagi jiga dikaitkan dengan kata kunci yang relevan dengan yang terkait konten lain.

8.    Optimisasi URL artikel
Optimisasi URL artikel-memiliki url artikel yang seo friendly sangan penting karena google memberikan informasi bahwa url sebuah halaman harus logis mudah di mengerti oleh pencari.

Seperti yang biasa saat kita mempublis artikel secara otomatis url artikel terbuat dan dipisahkan dengan hyhens(-) hal itu agar membudahkan mesin pencari mengindex artikel sesuai dengan kata kunci yang sudah dibuat yang sudah dilakukan.

9.    Sitemap
Sitemap merupakan link yang berisi data tautan seluruh halaman konten yang ada pada dalam website atau blog sobat. Sitemap memudahkan bagi bagi pengunjung untuk mencari artikel yang diinginkan dengan mudah.

Dan juga sitemap berfungsi mempermudah mesin pencari untuk mengindex setiap halaman konten sobat dengan memsubmit link sitemap website ke Webmaster Tools, agar memercepat aertikel terindex dan rengking yang ditargetkan padat masuk ke page one atau halaman utama hasil penulusuran dari mesin pencari goole.

10.  Bold, Italice, dan Underline
Pada penulisan artikel sobat menggunakan Format Text Blod, Italice, dan Underline berguna untuk mempercepat artikel terindex mesin pencari. Biasakan untuk menggunakan Format text ini dalam membuat artikel.

Jika sobat sudah menggunakan formai text itu sebelumnya maka secara tidak langsung sobat sudah memaksimalkan SEO ON PAGE nya. Mengapa Format “Text tersebut bisa mengingkatkan kualitas SEO ON PAGE”  karena juga website sobat membuat pengunjung lebih tertarik untuk membaca konten yang kita sajikan.

Apa Itu SEO OFF PAGE
Apa Itu SEO OFF PAGE
SEO OFF PAGE adalah Optimisasi segala sesuat pada luar website atau blog sobat. Dalam melakukan seo off page ada dua jenis teknik yaitu teknik WhiteHat dan  BlackHat. Dimana teknik WhiteHat adalah teknik yang aman terhadap peraturan yang berlaku pada Google.

Dan yang kedua BlackHat adalah teknik dengan melakukan SEO Off Page dengan cara yang tidak aman bagi website sobat (berbahaya) . untuk kedua jenisi teknik tersebut saya akan jelaskan pada artikel yang berbeda.

Baca juga: Apa itu Teknik WhaiteHat dan BlackHat

Ada beberapa cara untuk dilakukan optimisasi SEO Off Page:

1.    Media Sosial

Media dosial merupakan media untuk membagi bermacam-macam data. Media sosial keberadaanya sekarang sangat populer, siapa sih yang gak tau Facebook, Twitter, Pinterest dan media sosial lainya.

Dengan kepopuleranya itu kita dapat memanfaatkanya sobat bisa membagikan konten sobat ke media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain-lain.  Website yang selalu membagika kontennya pada media sosial dapat memiliki lebih cepat terindek oleh mesin pencari.

Media sosial membantu website sobat menjadi dikenal oleh orang lain, Contoh: website sobat tentang Teknik komputer dan jaringan (TKJ)  nah! Sobat membagikanya ke grup yang membahas tentang materi (TKJ) maka di grup tersebut yang ingin tau akan masuk ke halaman konten yang sobat bagikan ke grup tersebut.

2.    Backlink
Backlink merupakan salah satu SEO Off Page yang berpengaruh untuk menaikan Page Rank dan peningkatan kata kunci yang di targetkan. Backlink yang akan sobat lakukan harus Becklink yang berkualitas baik dan bukan spamming, karena jiga website sobat melanggar ketentuan dari google itu sangan beresiko.

Baca juga: Apa itu Backlink dan funsinya

3.    Tools SEO Google
Cara ini untuk mengembangkan website sobat dengan memanfaatkan berbagai Tools yang di berikan secara gratis Oleh google seperti webmaster, Adwords keyword planner, dan lain-lain.

Pelajari tools tersebut dan manfaatkan karena gratis dan akan mendapatkan dampak baik bagi website sobat dan akan membantu sobat dalam website yang seo fiendly.
Perbedaan kedua teknik seo tersebut adalah cara optimisasi seo dalam dan luar website.

Itulah penjelasan tentang Pengertian SEO ON PAGE dan SEOOFF PAGE. Terima kasih telah membaca sampai selesai. Semoga bermanfaatJ


                 : Apa itu Google Adsense
                 : Template SEO Fiendly

0 Response to "Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel