Pengertian Google Webmaster Tools agar pintar seo - Marzep Design

Pengertian Google Webmaster Tools agar pintar seo

Pengertian dan Definisi Google Webmaster Tools agar pintar seo
Hallo sobat marzep design, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengertian sekaligus manfaat dan fungsi webmaster. Penting yang kita sebagai pemula yang terjun kedunia internet mengetahui pengertian, fungsi dan manfaat apa saja yang di berikan webmaster tools. Sobat blogger pasti tidak asing lagi dengan nama ini atau ada yang baru tau apa itu webmaster tools.

Webmaster tools sering digunakan yang memiliki website atau blog untuk mengontrol aktifitas robot mesin pencari google dan untuk menyubit atau sumbit url website atau blog ke dalam salah satu fitur yang dimiliki webmaster tools agar cepat terindex di mesin pencaian.

“Kenapa webmaster tool ini sering di gunakan oleh pemilik website atau blog” karena webmaster tools ini adalah fitur yang disediakan oleh google sendiri dan jangan heran karena sering digunakan webmaster tools banyak sekali fungsi dan manfaat fitur atau tools yang di sediakan webmaster dan selain itu webmaster tools gratis digunakan kapan saja oleh sebab itu webmaster tools sering digunakan. Berikut:
Pengertian dan Definisi Google Webmaster Tools
Google Webmaster Tools adalah fitur gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu sobat memahami apa sebenarnya yang terjadi pada website atau blog Sobat. Google Webmaster Tools kini juga dikenali sebagai Google Search Console . Dengan bantuan tools satu ini, Sobat bisa mengelola website atau blog berdasarkan data yang dihimpun. Bayangkan jika Sobat hanya menebak-nebak perkembangan website/blog sobat dan bertindak atas perkiraan yang tidak pasti tersebut. Pastinya hasilnya tidak akan akurat seperti yang Sobat harapkan.

Manfaat Google Webmaster Tools

Manfaat dari Webmaster Tool yaitu dapat digunakan untuk melihat website/blog yang didaftarkan di mesin pencari Google Index, Crawl, Search Traffik, dan lainnya. Berikut adalah manfaat yang diberikan dari Google Webmaster Tool, Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari Google Webmaster Tools:

·         Tools yang Meningkatkan Page Rank

Google Webmaster Tools bisa menolong sobat untuk melakukan upaya peningkatan page rank di mesin penelusur Google. Upaya-upaya tersebut dapat dilakukan melalui penyempurnaan HTML. Penyempurnaan HTML yang dimaksud adalah dengan menghapus link-link yang bersifat toxic semacam broken link. Selain itu dapat juga dilakukan penghapusan konten yang ganda, duplikat meta deskripsi dan memperbaiki bila judul atau heading tag yang belum ada.

·         Tools yang Memungkinkan untuk Melakukan Konfigurasi

Untuk mengatur wilayah yang ingin ditargetkan. Selain itu, Sobat juga bisa mengatur parameter dari URL Sobat, site link, dan beberapa bagian lain yang bisa membuat data analisis yang dihasilkan Google Webmaster Tools lebih akurat. Jadi, sebaiknya Sobat tidak asal memasukkan informasi pada kolom-kolom yang diminta tools satu ini.

·         Tools yang Dapat Mengevaluasi Kinerja Website/blog

Ada salah satu fitur dalam Google Webmaster Tools yang bisa memperlihatkan pada Sobat seberapa cepat loading page Sobat ketika diakses oleh web visitor. Tak hanya itu, Sobat juga bisa mendapat perbandingan kecepatannya dengan website/blog lain. Data tersebut ditunjukkan dari history graphic. Jadi, beban serta kecepatan loading page dari website/blog kita bisa diketahui pasti. Hal ini tentunya bermanfaat mengingat Google juga menjadikan seberapa cepatnya loading page tersebut sebagai faktor penentu rank di halaman hasil pencariannya.

·         Tools yang Bisa Memberikan Data Akurat Terkait Aktivitas Website/blog

Melalui Google Webmaster Tools Sobat bisa melihat grafik terkait berbagai kesalahan crawl, server dan URL. Selain itu, Sobat juga bisa mengetahui URL mana saja yang dicekal (biasanya dikarenakan kesalahan pengaturan di website/blog). Sobat juga bisa mengetahui jumlah URL yang diindeks oleh Google. Berapa banyak keyword yang dipakai oleh pengunjung saat mengunjungi website/blog sobat juga bisa diketahui.

·         Tools yang Sanggup Mendeteksi Malware Berbahaya bagi Website/blog

Bila website/blog sobat telah terdaftar di Google Webmaster Tools dan sudah terverifikasi, Google akan memberi tahu sobat apakah website/blog terdapat malware di dalamnya. Tools ini akan memperlihatkan segala aktivitas yang dianggap mencurigakan dan membahayakan semacam malware. Tak hanya menunjukkan apa saja yang salah, tools ini juga bisa menawarkan solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada.
Fungsi Atau Kegunaan Dari Google Webmasters Tools
Fungsi Atau Kegunaan Dari Google Webmasters Tools
Seperti yang saya sudah katakan diatas, keuntungan menggunakan google webmasters tools yaitu kita dapat terus memonitor keadaan situs, kita akan diberikan memanfaatkan lebih dari Webmaster Tools, diantaranya:
  1. Mempercepat proses index.
  2. Dapat mengetahui jumlah backlink secara akurat, bukan hanya backlink yang mengarah ke homepage, tetapi juga backlink yang ada disetiap halaman situs kita. Tidak sampai disitu, kita juga diberitahukan sumber backlink tersebut, sehingga kita dapat mengetahui kualitas dari backlink yang ada.
  3. Mengetahui posisi situs disearch engine pada keyword tertentu. Kita juga dapat mengetahui banyaknya jumlah pencarian dan pengunjung yang mengunjungi situs kita berdasarkan keyword tersebut.
  4. Mengetahui adanya broken link atau link rusak. Banyak terdapat broken link tidak baik bagi SEO situs kita.
  5. Mengetahui kesalahan perayapan yang dilakukan oleh robot google.
  6. Mendeteksi malware.
  7. Memilih target lokasi, sehingga kita bisa fokus dipencarian tempat atau negara tertentu.
Demikian ulasan tentang Pengertian dan Definisi Google Webmaster Tools, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Google Webmaster Tools agar pintar seo"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel