Pengertian Wireless nirkabel Dan Cara Kerjanya Lebih Lengkap - Marzep Design

Pengertian Wireless nirkabel Dan Cara Kerjanya Lebih Lengkap

Pengertian Wireless nirkabel Dan Cara Kerjanya
Hallo sobat, pada kesempatan ini saya akan berikan penjelasan tentang pengertian wireless, seperti yang sobat sudah tau mungkin wereless adalah sebuah metode penghubung jaringan tanpa kabel, Definisi atau pengertian wireless dan cara kerjanya secara lebih lengkap dan lebih jelas dapat di baca di artikel ini.
A.   Pengertian wireless
Wireless adalah jaringan tanpa kabel atau disebut juga nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio/elektromagnetik sebagai media transmisi. Wireless sudah ditemukan sejak para ilmuwan menemukan radio dan juga radar yang dioperasikan menggunakan wireless. Beberapa model peralatan yang menggunakan wireless diantaranya adalah GPRS untuk navigasi, telepon selular, telepon cordless, alat-alat komputer, remote control, satelit televisi, dan wireless LAN.

Sampai Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya sering kita gunakan untuk mengakses telepon sellular atau internet, oleh sebab itu berkembang juga teknologi wireless sampai saat ini sering dipakai untuk mengakses internet lokal area bahkan seluruh dunia bisa terhubung dengan adanya jarinagan wireless (nirkabel).
B.   Apa kelebihan & kekurangan wireless 

Apa saja Kelebihan Wireless, sebagai berikut :
  1. Tidak membutuhkan instalasi yang panjang.
  2. Mudah sekali untuk di-setUp, dan juga handal sehingga cocok untuk cangkupan area yang luas atau bisa digunkan dikantor maupun di perumah.
  3. Kecepatan transfer data yang cenderung stabil.
  4. Kompatibel hampir dengan berbagai jenis perangkat, seperti smartphone dan laptop.
  5. Kekuatan sinyal masih bisa diperkuat dengan menngunakan alat bantu khusus.

dan Apa saja Kekurangan wireless, dimana ada kelebihan tentunya pasti ada kekurangannya.

Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki oleh wireless, namun tetap ada kekurangan yang memerlukan penyempurnaan. Adapun beberapa kekurangan dari wireless adalah keamanan dan kerahasiaan data menjadi kurang terjamin, adanya interfensi pada gelombang radio, terkadang terjadi keterlambatan, biaya peralatannya cukup besar, produknya kurang kompatibel, kualitas sinyal dipengaruhi oleh cuaca, dan dimungkinkan terjadinya penyadapan koneksi.

  1. Instalasi yang biasanya cukup mahal.
  2. Kekuatan sinyal sangat tergangtung dengan kondisi cuaca.
  3. Kekuatan sinyal dipengaruhi oleh linkungan fisik dan penghalang, seperti tembok.
  4. Produk dari produsen yang berbeda-beda kadang tidak kompatibel/cocok.
  5. Kemungkinan penyadapan koneksinya lebih besar terjadi, jika dibandingkan dengan menggunakan media kabel.
 C. Perinsip Cara kerja wireless
Cara kerja wireless ini disebabkan karena komputer mempunyaii built transreceiver seperti wakly-talky. Transreceiver yang disebut dengan adapter wireless. Adaptor wireless melakukan sejumlah pekerjaan. Yang pertama, mendeteksi apakah terdapat jaringan wireless disekitar komputer melalui radio dan  juga tuning menghubungkan penerima untuk mendeteksi setiap ada sinyal yang masuk. Setelah ada sinyal terdeteksi, untuk menghubungkannya yaitu melalui sign dan otentikasi pengguna. Apapun data yang dikirimkan dari komputer atau melalui laptop/notebook diubah melalui adaptor wireless, dari bentuk digital (0s & 1s) menjadi sinyal radio (bentuk analog).
Konversi sinyal data digital kebentuk analog disebut dengan “modulasi”. Sinyal data digital ditumpangkan ke gelombang radio analog. Beberapa prinsip kerja wireless yang berbeda untuk melakukan hal ini, sehingga bagian data digital akan lebih banyak dapat dibawa oleh gelombang radio analog. Teknik yang dipakai untuk modulasi menentukan kecepatan dari transfer data jaringan wireless. Lalu sinyal radio yang disalurkan biasanya mempunyai frekuensi lebih dari 2,4 GHz diterima oleh sebuah router wireless ataupun sebuah wireless adapter.
Sebuah router witeless yaitu suatu stasiun penerima dari jaringan wireless. Hal tersebut direkonversi dari sinyal data radio ke dalam bentuk sinyal digital, oleh sinyal “demodulating” dan mengirimkannya melalui koneksi kabel Ethernet ke jalur super informasi yang disebut dengan internet. 
Cara kerja dari wireless selanjutnya adalah proses sebaliknya saat menerima informasi pada komputer melalui jaringan wireless. Kali ini router menerima data digtal dari internet dan juga memodulasi kedalam bentuk analog. Lalu kemudian antena adapter wireless menerima sinyal analog dimodulasi dan demodulates kembali kedalam bentuk digital lalu ditransfer kedalam komputer.
Sebuah teknologi yang membuat semua ini terjadi karena adanya jaringan wireless, link yang penting dalam jaringan wireless adalah router dan adapter wireless/Wi-Fi. Pada saat ini, kebanyakan laptop maupun komputer sudah dilengkapi dengan hardware dan juga software wireless/WiFi. Jaringan Hotspot wireless daerah di sekitar router wireless yang mempunyai kekuatan sinyal yang tinggi. Tentu saja cara kerja wireless melakukan transfer data yang lebih cepat di jaringan wireless ini.
Demikian mengenai pengertian wireless dan cara kerjanya, semoga bermanfaat bagi.

0 Response to "Pengertian Wireless nirkabel Dan Cara Kerjanya Lebih Lengkap"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel