Cara mendaftar Google analytics dan Memasang Tracking Kode pada blog -Marzep Design

Cara mendaftar Google analytics dan Memasang Tracking Kode pada blog


Cara mendaftar Google analytics dan Memasang Tracking Kode pada blog – Google Webmaster Tool, Google Keyword Planner adalah tool gratissan dari Google, dan masih banyak tool gratis yang disediakan oleh Google  seperti Google analytics.

Google analytics adalah salah satu tool gratis yang disediakan oleh google yang sering para problogger gunakan untuk memonitor interaksi pengunjung terhadap blog atau situs web yang buat, google analiticy menyediakan berbagai informasi yang sangat berguna bagi para webmaster mengenai blog atu situs yang sobat miliki.

Google analytics dapat merekam jejak pengunjung terhadap blog atau situs web yang sobat miliki, namun sebagai pemilik blog atau situs harus mengaitkan tool google analytics dengan blog atau situs yang sobat miliki, yaitu dengan cara memasang tracking kode google analytics pada blog sobat.

Untuk mendapatkan tracking kode  atau ID pelacakan google analytics yang harus sobat lakukan adalah melakukan pendaftaran blog ke google analytics, kemudian setelah blog berhasil didaftar ke google analytics sobat bisa mendapatkan kode tracking dari google analytics kemudian bisa sobat pasang atau tempel ke blog.

“Lakukan pendaftaran google analytics dengan akun gmail yang sama dengan akun gmail blog yang sobat miliki, misalnya sobat daftar google webmaster, google keyword, dan google analytics dengan satu email saja”.

Cara mendaftarkan blog ke google analytics

Cara Daftaran google analytics, berikut adalah langkah-langkahnya, simak dengan teliti.

1. Masuk ke google analytics, kemudian login dengan akun gmail sobat.

cara menfatarkan blog pada google analyitics

Silahkan tekan tombol Sign Up.

2. Berikutnya, silahkan tekan tombol Situs,kemudian isi, seperti pada gambar dibawah:

Cara daftra blog pada Google Analytics

1)      Nama Akun, isi dengan nama akun google analytics sobat.
2)      Nama situs, isi dengan nama situ atau website sobat.
3)      URL Situs, isi dengan url blog sobat.
4)      Kategori Industri, pilih sesuai dengan niche blog sobat.
5)      Zona Waktu Pelaporan, pilih indonesia.

3. Pilih juga tab Aplikasi Seluler, untuk mengisi data Aplikasi Seluler, tab ini biasanya terisi otomatis sama seperti tab Situs, jika tidak terisi otomatas sobat bisa isi secara manual sesuai dengan tab yang pertama, untuk contoh lebih jelas seperti gambar dibawah:

Cara Daftar Blog pada Google Analytics


4. Jika kedua data diatas sudah diisi, silahkan sobat scroll ke bawah, seperti gambar dibawah.
Kemudian tekan tombol "Dapatkan ID Pelacakan" seperti terlihat pada gambar bawah, kemudian akan muncul dialog "Google analytics Term of service agrement" pilih tombol "Setuju".

Cara daftar google anaytics


Setelah itu akan muncul tracking ID yang siap di pasang atau di tempelkan ke blog sobat.

cara memasang trackink kode google analytics pada blog


No 1 adalah tracking ID yang harus diisi di bagian seting blogspot, sedangkan No 2 adalah Tracking kode yang ditempelkan ke bagian template blog sobat, cara memasanya cukup simple dan mudan, berikut cara pemasanganya.


Cara memasang tracking kode google analytics

Cara ini digunakan untuk mengintegrasikan blog atau situs sobat dengan google analytics, yang pertama bisa menggunakan Tracking ID, dan bisa juga menggunakan Tracking Kode google analytics, namun lebih baik lakukan kedauanya.

1. Cara mengintegrasikan blog ke google analytics dengan tracking kode.

Salin kode tracking kode, masuk dasbor blogspot, kemudian pilih Tema atau Template, lalu tekan “Edit HTML” untuk meletakan kode tracking pada template blog sobat, gunakan tembol Ctrl + F pada Keyboard cari kode </heah>, letakan kode tracking google analytics nya tepat diatas kode </heah>, kemudian Simpan Tempate.

2. Cara Mengintegrasikan blog ke google analytics dengan tracking ID
Silahkan masuk dasbor blogspot, dan salin ID Tracking, kemudian klik setting dan pilih lainnya, scroll ke bawah dan ada kolom ID Propertis Web Analytics, isi ID Tracking-nya, lalu klik simpan setelan dibagian atas kanan.

cara memasang trackink ID google analytics pada blog


Cara diatas adalah cara untuk mengintegrasikan blog dengag google analytics, hal tersebut sangat diperlukan bagi webmaster dan sangat banyak manfaat dan ke gunaannya.

Demikian Cara Daftar Google analytics dan Memasang Tracking Kode pada blog, konjungi situs marzep.com untuk solusi blog sobat, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mendaftar Google analytics dan Memasang Tracking Kode pada blog"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel