Cara Merubah Format Partisi MBR menjadi GPT atau Sebaliknya - Marzep Design

Cara Merubah Format Partisi MBR menjadi GPT atau Sebaliknya


Pernahkah saat menginstal computer ataupun leptop  mengalami Masalah seperti pesan error Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style.

Awal proses saat buat bootable menggunakan flashdisk, proses penginstalan berjalan lancar hingga samapai pada langkah kita diharuskan memformat Disk C agar bisa kita untuk instal ulang.

Apa yang terjadi setelah Disk C di format, karena format hardisk dan format bootble yang berbeda sehinga penginstalan tidak bias dilanjutkan dengan keadaan partisi local Disk C sudah di format. Karena format parisi disk yang berbeda Sehingga muncul pesan error Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style.

Selain cara ini ada juga cara berbeda untuk menyelesaikan masalah berikut: SolusiWindows cannot be installed to this disk. Namun cara kali ini bias di sebut juga cara terakhi karena cara mengatasi Windows cannot be installed to this disk  sebelumnya tidak berhasil sehingga harus memFORMAT semua partisinya dengan melalui CMD kemudian pada akhir langkah setelah pemformatan selesai baru bisa diconvert to GPT atau di rubah format partisinya dari MBR ke GPT atau sebaliknya.

Sebelum memformat data-data penting yang masih tersimpan local disk D atau F pada laptop, tenang saja tetap masih bisa backup data ke media penyimpanan, namun masalahnya adalah pemyimpanan yang diperlukan sangatlah besar, jika sobat tidak memiliki media penyimpanan yang sangat besar sampai 500GB an bias mengangkat data penting ke jasa service Komputer atau Leptop.

Ettt jangan panik dulu sob masih ada cara jitu dengan tanpa melakukan format harddisk. Sobat masih bias merubah format partisinya dari MBR ke GPT atau sebaliknya. Berikut

1.Langkah pertama silahkan download Mini Partition Wizard di sini. Software inil merupakan yang akan digunakan nanti untuk merubah format harddisk.

2.  langkah Kedua buatlah bootable menggunakan flashdisk yang didalamnya minitool partision wizard yang telah didownload tadi. Untuk rufusnya juga bisa didownload di sini. Setelah mendownloadnya:
1.      buka program Rufus
2.      Kolom device pilih flashdisk yang akan digunakan
3.      pilih pada ISO Image
4.      pilih lokasi penyimpanan MiniTool Partition Wizard yang telah didownload tapi lalu file ISO nya.
5.       klik Open
6.      pilih start. Secara detainya lihat gambar .
Cara Merufus Mini Partition Wizard ke flashdisk
3. Setelah proses membuat bootable selesai , restart laptop lalu masuk bios dan setting pada bagian BOOT jadikan USB Flash Drive menjadi urutan pertama. Seperti saat menginstal ulang windows dan Simpan dengan menekan F10 , Jika sukses makan akan tampil MiniTool Partition Wizard full dilayar.

“Pilih MiniTool Partition Wizard menjadi urutan pertama kemudian biarkan secara otomatis akan melakukan boot”.
4. Berikutnya akan muncul tampilan utama Minitool Partition Wizard:
·        pilih harddisk yang akan anda rubah format partisinya menjadi MBR
“ingat pilih pada harddisk bukan pada partisi seperti C,D,E ataupun yang lainnya”
·        Pilih Convert MBR disk to GPT disk
·        Pilih Apply
·        Tunggu proses hingga selesai, namun bisa jadi akan membutuhkan waktu yang lumbayan lama jadi sabar hingga proses selesai.
Cara Merubah Format Partisi MBR menjadi GPT atau Sebaliknya
Jika proses berhasil, ulang install windowsnya.

Saran saya sebelum melakukan instal ulang cek terlebih dahulu format partisi hardisk yang akan diinstall ulang, selain itu jika ingin menginstal ulang saya merekomendasikan menggunkan CD/DVD saja, dan janagan lupa juga backup semua data penting pada media penyimpanan lain untuk jaga-jaga.

Demikian Cara Merubah Format Partisi MBR menjadi GPT atau sebaliknya, semoga bermanfaat .

0 Response to "Cara Merubah Format Partisi MBR menjadi GPT atau Sebaliknya"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel