Pengertian Access Point beserta fungsi dan cara kerjanya - Marzep Design

Pengertian Access Point beserta fungsi dan cara kerjanya


Berbicara mengenai Access point pasti tidak asing lagi dikalangan pengguna internat, berperan sangat penting dikalangan pengguna internet ya!. Itu terjadi jika kita menggunakan internet tanpa kabel atau bisa disebut dengan wifi. Sebenarnya apa sih access point itu ? yuk kitak ppas mengenai apa itu access point. Sekarang ini dunia IT dituntut untuk lebih memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi informasi.

Accsess point dan perangaat penghubung jaringan lainya adalah sebuah teknolagi yang banyak dan perlu kita ketahu mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerjanya alat tersebut, jadi berikut adalah Penegrtian Access point itu.
Access Point

Apa Itu Access Point?

Pengertian Access point, Access point adalah sebuah perangkat jaringan yang terdiri dari antenna dan transceiver, dan perperan sebagai pusat pemancar dan penerima sinyal dari dan untuk client server. Access point tidak dapat mengatur aliran data seperti router, melainkan access point hanya akan menyambungkan atau tidak menyambungkan suatu perangkat yang mencoba untuk terhubung dengan jaringan, berdasarkan benar atau tidaknya password yang diberikan pengguna perangkat.

Misalkan jika ingin menyediakan akses wifi di ruang guru atau di area sekolah, namun router yang miliki di ruangan tidak menjangkau area tersebut, maka bisa memasang access point. Dengan access point jumlah perangkat yang terhubung dengan jaringan akan jauh lebih banyak. Tatapi juga tetap dapat membatasi siapa yang dapat terhubung, sebab pengguna harus mengetahui password yang diminta access point untuk dapat masuk ke jaringan local.

Fungsi Access Point

Fungsi Access Point Secara berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin lebih rinci dengan jelas fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya Access Point dapat berfungsi sebagai DHCP server

2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)

3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses

4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel.

Cara Kerja Access point

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa access point merupakan gerbang penghubung perangkat nirkable deng jaringan lokal. Access point bekerja dengan menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh wifi dengan jalur data elektrik yang dibentuk oleh kabel Ethernet. Selain itu, access point juga melakukan pengontrollan akses, enkripsi data, toleransi kesalahan, serta manajemen jaringan.

Fungsi access point

Ketika ada perangkat client yang mencoba mengakses jaringan melalui access point, maka access point akan menentukan untuk mengijinkan atau tidak mengijinkan perangkat tersebut untuk terhubung dengan jaringan. Untuk melakukan ini, access point akan menjalankan fitur kontrol pengaksesan yang dimilikinya. Kemudian fitur keamanan access point akan bekerja.

Access point akan mengenkripsi sandi, memeriksa kecocokan password pada access point dengan password yang ingin terhubung. Perangkat tersebut akan diijinkan terhubung dengan jaringan jika password cocok. Selanjutnya access point akan berfungsi sebagai DHCP yang memberikan alamat IP untuk perangkat tersebut.

Dan ada juga berpedan jenis dan tipe setiap Access Point ada juga yang terkoneksi langsung dengan access point, namu jendela peramban (browser) yang kita buka akan menampilkan laman berisi permintaan untuk memasukkan password agar bisa terhubung dengan jaringan, jika password yang  masukkan tepat, access point akan mengijinkannya untuk terhubung dengan jaringan. Access point akan memberikan alamat IP kepada perangkat sehinga perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan lokal.

Cara Setting Access Point
Untuk Cara setting access point cukup mudah pahami. Namun untuk saat ini admin tidak bias memberkan penjelasan lebih lanjut karena tidak ada gambar yang menyertai penjelasan nantinya, jadi akan sedikit tidak paham jika penjelasan tidak gambaranya.
Demikianlah Pengertian Access Point beserta fungsi dan cara kerjanya. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Access Point beserta fungsi dan cara kerjanya"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel