Pengertian GPT (GUID Partition Table) - Marzep Design

Pengertian GPT (GUID Partition Table)

Pengertian GPT (GUID Partition Table)
GPT(GUID Partition Table)- Mengatur partisi merupakan hal penting yang harus dilakukan pada hardisk, entah itu ketika baru membeli komputer ataupun baru upgrade hardisk. Saat ini terdapat dua macam tabel partisi, yaitu MBR dan GUID. Sebelumnya saya sempat membahas mengenai MBR, yang bisa Anda baca pada link di bawah ini.

Untuk GPT, saya akan membahasnya pada artikel ini. Pasti banyak yang bertanya-tanya apa itu GPT? Bedanya dengan MBR apa? Nah, bermaksud menjawab pertanyaan semacam itu, di artikel ini akan saya bahas mengenai GPT. Dan akan saya tambahkan beberapa mengenai MBR yang mungkin belum sempat dibahas.

Apa Itu GPT (GUID Partition Table)?
Sebenarnya GPT ini merupakan bagian dari EFI system, yang mana GPT ini mendefinisikan standar layout tabel partisi pada hardisk yang menggunakan Global Unique Identifier. Karena banyaknya keterbatasan yang dimiliki oleh MBR, banyak perangkat komputer modern yang mulai beralih ke GPT.

Namun sayangnya tabel ini hanya bisa mendukung penyimpanan sampai sebesar 2TB, padahal di era sekarang tentunya banyak yang membutuhkan media penyimpanan lebih dari itu. Oleh karena itu hadirlah tabel partisi GPT yang menggantikan peran MBR tersebut.

GPT atau singkatan dari GUID Partition Table merupakan bentuk standar dari layout untuk tabel partisi. Sesuai namanya, tabel partisi ini menggunakan GUID atau Global Unique Identifiers, yaitu 128 bit angka yang digunakan untuk mengidentifikasi Informasi yang ada dalam sistem komputer.

Meskipun menjadi bagian dari mode UEFI, namun tabel partisi GPT ini juga digunakan untuk beberapa sistem BIOS. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan tabel partisi MBR yang hanya menggunakan 32 bit untuk menyimpan alamat logical dan informasi ukuran pada sebuah disk tradisional yang berukuran 512 byte saja, sedangkan tabel partisi GPT mengalokasikan 64 bit untuk menyimpan alamat logical tersebut.

Hampir semua sistem operasi dari komputer saat ini telah mendukung tabel partisi GPT ini. Beberapa diantaranya seperti macOS dan Microsoft Windows x86 mendukung proses booting menggunakan tabel partisi GPT hanya pada sistem yang memakai firmware EFI. Tetapi beberapa sistem operasi lainnya seperti FreeBSD dan Linux bisa melakukan booting menggunakan tabel partisi GPT dari sistem yang memakai sistem EFI maupun sistem BIOS.

GPT atau singkatan dari GUID Partition Table

Setelah melihat gambar diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa tiap tabel partisi memiliki beberapa sektor untuk menyimpan data-data yang berguna untuk meyimpan data lebih dari sekali, hal ini juga berbeda dengan tabel penyimpanan pada partisi MBR yang hanya memanfaatkan tiap partisi. selain itu sebagai catatan tambahan, dalam tabel partisi MBR hanya support 4 partisi primary, sedangkan dalam partisi GPT support 128 partisi primary, selain itu partisi GPT hanya mendukung beberapa SO, maka dari itu banyak beberapa kasus ketika kita ingin menginstal SO terjadi peringatan windows cannot be installed disk, hal ini diakibat partisi tidak support SO yang akan kita instal.

0 Response to "Pengertian GPT (GUID Partition Table) "

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel