Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik -Marzep Design

Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik


Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik - Memperhatikan tampilan blog sangat wajar bagi beberapa blogger, dan biasanya blogger pemula mudah tertarik dengan tampilan blog keren sehingga mudah terbawakan dan akhirnya menggantinya lagi, saat melihat yang lain pasti ingin ganti lagi.

Nah sekarng kurangi hal burut tersebut, boleh memperhatikan tampilan blog itu tapi jangan sampai gonta ganti terus. Seperti blogger yang sudah besar mereka jarang ganti template blog.

Bicara tentang mengganti template, ada tips nya nih buat kalian agar visitor setabil bahkan bisa naik.

 Alasan Mengganti Template Blog


Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik

Seperti yang saya sebutkan tadi blogger pemula mengganti karena mudah tertarik dengan template yang baru dilihat dan mungkin mudah bosan dengan templatenya.
Ada juga blogger mengganti template blog dengan alasan berikuu:

1. Loading Blog Lambat



Loading blog cepat adalah salah satu faktor penting. Karena sering mengotak atik template atau menambahkan widget sehingga performa blog semakin melambat. Dan melambatnya loading blog itu memperburuk blog. Jadi perlu diperhatikan kecepatan blog agar pengunjung bisa dengan mudah masuk tanpa menunggu lama. Nah agar loading tidak lambat sobat blogger bisa menghapus widget yang tidak penting. Atau sekalian ganti dengan template yang lebih SEO Friendly.

2. Tertarik dengan template keluaran baru


Penyedia template premium dan gratis di dunia blogger sudah tidak aseing lagi banyak blogger memburunya. Saat ada template baru liris pasti banyak blogger ingin mencobanya dan menerapkanya di blog mereka.

Template dengan fasilitas baru yang dibuat design template terkenal pasti banyak yang minat, seperti template vio magz buatan mas sugeng. Banyak orang yang memakai template buatan mas sugeng tersebut, template buatan mas sugeng dari dulu memabang selalu popular di kalangan blogger. Jadi alasan mengganti template ini dikarenakan tertarik dengan template keluaran baru.

3 Struktur Template Rusak


Banyak Para blogger yang mengunduh template gratis atau template premium yang gratis, tampa mengecek terhadap template tersebut. Template yang diunduh mungkin itu hasil cloning atau hasil redesign dan banyak kode yang tidak diperhatikan dengan menar. Sehingga struktur data template rusak atau ada yang error.

Setelah beberapa minggu menggunkan template itu baru muncul berbagai error sehingga kita perlu memperbaikinya, jika tidak bisa memperbaikinya para blogger pasti mencari template lain dan menggantinya.

Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik


Ketika hendak mengganti template blog, sobat tidak boleh sembarangan atau asal-asalan menggantinya . ada tips atau caranya juga yang harus, agar berdampak positif terhadap peforma blog setelah mengganti template.

Berikut mengenai Tips Mengganti Template Baru pada Blog Agar Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik.

1. Pilih Template yang Berkualitas


Pilih lah template yang berkualitas, template gratis atau perbayar (Premium). Sebelumnya sobat blogger pasti sudah tau kan di dunial blogger template marak dimana mana dan kita dapat mendownloadnya dengan mudah.

Tetapi sebelum sobat menggunakannya, alangkah baiknya pastikan template yang dipilih tersebut merupakan template yang berkualitas. Seperti ciri ciri berikut:

§  Mobile Friendly

§  Ringan

§  Responsive

§  Ukuran File Template Kecil

§  Mempunyai Struktur Data yang Baik

2. Gantilah Template Waktu Pengunjung Sedang Sepi


Apabila sobat hendak mengganti template lama dengan yang baru, lakukanlah pada jam-jam sepi pengunjung. Mulai sekitar pukul 1 sampai dengan 4 dini hari. Tujuannya adalah supaya dalam proses penggantian template berlangsung tak mengganggu kenyamanan pengunjung. 

Selain itu, google index biasanya sangat intensi saat jam pengunjung sedang banyak-banyaknya.  Saat pengunjung sepi, google bot yang melakukan index terhadap template bekerja agak lambat.

Usahakan ketika mengganti template secepat mungkin, supaya tidak berpengaruh terhadap pengalaman pengguna yang sedang mengakses blog sobat. Untuk cara mengganti template bisa dilakukan secara manual dengan mengcopy html blog baru ke dalam dashbor html editor template lama. Atau juga bisa dengan menggunakan fitur ganti template di dalam blog.

3. Backup Template Lama


Jika template sebelum menurut sobat masih dapat digunkan namun ingin menggantinya, alangkah baiknya sobat backup terlebih dulu untuk jaga jaga template baru sobat kurang dari segi SEO atau dari hal lainya, dan hendak sobat ingin menggantinya dengan template lama sobat dapat menggantinya karen ada backuppannya.

4. Pindahkan Semua Kode Penting


Kode-kode penting di dalam template blog sobat harus dipindahkan terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian template dengan yang baru. Nanti kode tersebut bisa sobat pasang kembali di dalam template baru yang akan digunakan.

Biasanya kode-kode penting di dalam blog terletak di antara kode <head> dan </head> yang bisa sobat lihat sendiri di dalam kode template. Kode tersebut sangat penting karena menyimpan berbagai informasi penting yang bisa dipahami oleh google bot (robot mesin pencari). Seperi berbagai kode berikut:

§  Meta Tag

Meta tag template yang baru harus sama dengan template lama.

§  Kode Verifikasi Webmaster

Kemudian sobat jangan sampai lupa juga memindahkan kode verifikasi webmaster tool template blog lama ke template baru.

§  Kode Iklan adsense
Agar sesudah mengganti template sobat malas dengan membuat unit baru, alangkah baiknya juga sobat pindahkan kode iklan adsense yang di dalam template lama dan pindahkan ke template baru.

Atau jika menurut sobat ribet, sobat bisa masuk dasbor google adsense pilih unit iklan dan hilaht list unit iklan yang sebelumnya di buat dan ada tulisan dapatkan kode, sobat tinggal klik dan akan muncul kode iklanya, tinggal sobat pindahkan ke template baru sobat.

5. Simpan Kode HTML Widget Penting


Berbagai kode html widget di template lama perlu sobat simpan terlebih dahulu juga. seperti, histast, alexa dan berbagai widget lainnya. Sehingga bisa sobat pasang di template baru tanpa membuat yang baru.

6. Uji Coba Template Baru


Sebelum sobat menggunakan template baru tersebut, dianjurkan untuk menguji coba terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan template yang digunakan tersebut telah bekerja dengan baik. Cara uji cobanya adalah dengan memanfaatkan blog sobat yang khusus untuk digunakan sebagai uji coba.

7. Update Artikel Secara Teratur


Setelah sobat mengganti template, sangat dianjurkan untuk teratur melakukan posting artikel yang original. Hal ini dimaksudkan agar google bot sering datang dan mengindex berbagai bagian penting di dalam template blog baru sobat.

Sebelum mengganti template, alangkah baiknya jika sobat mempersiapkan beberapa artikel yang siap untuk diposting. Sehingga ketika ada pergantian template baru sobat bisa secara teratur mengupdate artikel.

Kesimpulan


Jika ke-8 tips di atas sudah sobat terapkan semuanya, barulah template yang baru boleh diupload menggantikan template yang lama. Gunakan juga fitur preview untuk dapat melihat hasilnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Jika semuanya sudah bekerja dengan baik baru kemudian disimpan.

Saya tegaskan kembali mengganti template memiliki dampak negatif (resiko) terhadap blog, tapi menurut saya adalah hal itu tidak benar sepenuhnya. Jika selama proses mengganti template blog lama dengan template blog baru dilakukan dengan benar, maka akan berbuah menjadi positif bagi bog sobat.

Jadi itulah sedikit tips cara mengganti template agar visitor tetap setabil. Seperti biasa Selamat mencobat, Semoga bermanfaat dan Terima Kasih…

1 Response to "Tips Mengganti Template Baru pada Blog Supaya Visitor Tetap Stabil dan Bisa Naik"

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel