Tips Untuk Menghadapi Tes Psikotes Sebelum Dan Saat Tes Berlangsung - Marzep Design

Tips Untuk Menghadapi Tes Psikotes Sebelum Dan Saat Tes Berlangsung


Tips Untuk Menghadapi Tes Psikotes – Tes psikotes merupakan salah satu tahapan seleksi kerja yang wajib kita ikuti ketika akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Tes pisikotes ini merupakan tes yang cukup sulit bagi sebagian orang. Jadi wajib bagi kita yang ingin melamar kerja dan ada tes psikotes-nya kita wajib mempelajari untuk mempersiapkan diri di hari tes tersebut.

Pasti ada juga seseorang yang mungkin tidak lolos (Gagal) mengikuti tes psikotes ini. Memang iya tes ini bertujuan untuk menilai kecerdasan, kepribadian dan juga sikap atau cara kerja seseorang. Oleh sebab itu perlu kita ketahui sedikit tips dan trik tes psikotes yang mungkin akan kita lakukan agar dapat lolos (Berhasil) dalam tes.

Tips dan Trik Psikotes

Mari kita pelajari berbagai jenis soal tes psikotest beserta contoh soal dan jawabannya. Selain itu, kita juga akan mempelajari beberapa tips dalam menjalani psikotest baik sebelum, saat psikotest maupun sesudah psikotest berlangsung.

Pengertian Psikotes

Psikotes merupakan sarana bagi psikolog untuk dapat memahami secara utuh berbagai aspek psikologi individu agar dapat memberikan gambaran (profil psikogram) setiap individu yang mengikuti tes tersebut.

Dalam psikotes atau tes psikologi ada 3 aspek yang diukur, yaitu: kecerdasan, kepribadian dan juga sikap atau cara kerja.

Aspek kecerdasan digunakan untuk mengetahui kecerdasan secara umum atau kecerdasan secara spesifik seperti kemampuan analisa atau kemampuan berhitung.

Aspek kepribadian digunakan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar, lingkungan baru maupun tugas-tugas baru dan lain sebagainya.

Sedangkan aspek sikap atau cara kerja digunakan untuk mengetahui semangat kerja, motivasi berprestasi, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, inisiatif dan lain sebagainya.

Tujuan Psikotes

Fisikotes memiliki tujuan untuk mencari orang dengan karakteristik yang tepat untuk mengisi sebuah posisi di perusahaan.

Yakni seorang karyawan yang diharapkan perusahaan agar bisa sanggup untuk menjalankan tugas-tugas yang akan dibebankan kepadanya dengan hasil terbaik.

Oleh sebab itu, jika kita tidak lolos dalam tes psikotes melamar kerja, jangan bersedih dulu. Tidak ada istilah gagal dalam psikotes, karena ketika kita dinyatakan tidak lulus (Gagal) itu berarti indikasi kuat bahwa kita kurang cocok dengan pekerjaan yang di lamar tersebut. Jadi sebaiknya, cari pekerjaan yang cocok atau yang sesuai keinginan kita.

Tips Untuk Menghadapi Tes Psikotes Sebelum Dan Saat Tes Berlangsung

Mungkin atau benar banyak orang tang mencari cara-cara untuk menghadapi psikotest.

Tips Sebelum Psikotes Berlangsung


Tips Sebelum Psikotes Berlangsung

1.    Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup itu penting! Usahakan anda memiliki waktu tidur yang cukup pada malam hari sebelum waktu psikotes dilakukan. Jangan sampai saat pelaksanaan tes psikotes anda kurang fit dan mengantuk sehingga menyebabkan kurang konsentrasi saat tes berlangsung.

2.  Makan terlebih dulu

Mengisi perut juga sangat penting karena ini tentang kebutuhan energi dan konsentrasi yang cukup. Psikotes itu menyita energi, pikiran dan konsentrasi. Jangan samapi saat tes berlangsung anda kelaparan dan kehilangan konsentrasi.

3.  Mempelajari contoh soal psikotes

Pelajari segala sesuatu sebelum ujian, seperti halnya tes psikotes kita perlu mempersiapkan seperti mempelajari soal soal psikotes, baik dari internet maupun buku-buku psikotes. Jangan sampai saat melihat soal tes pikiran kita blank, karena tidak tau cara ngisinya gimana dan maksud soalnya apa. Minimal kita mengetahui beberapa karakter soal pskotes tersebut.

4. Cari tahu lokasi tes psikotes

Jika anda masih siswa SMK/SMA mengkin ada juga yang ikut tes kerja sebelum lulus biasanya pergi kelokasi tes bersama guru pembingbing. Dan jika kita melamar kerja ke suatu perusahaan mungkin kita akan pergi sendiri atau sama teman, kita perlu cari tau lokasi tes nya. Jika sudah mengetahui lokasi tes nya, jangan lupa datang tepat waktu, jangan sampai kita terlambat agar tidak panik, dating 15-30 menit sebelum tes di mulai.

5. Persiapkan seluruh kebutuhan ujian

Persiapkan alat tulis seperti pensil, rautan, penghapus dan pulpen maupun perlengkapan pendukung lainnya. Jangan lupa izin kepada orangtua minta doa biar bisa lolos dan sukses. Berdoa kepada Allah agar selalu dimudahkan, dilancarkan segala urusan kita. Aaminn…

Tips Saat Psikotes Berlangsung

Tips Saat Psikotes Berlangsung

1. Perhatikan dan dengarkan dengan seksama instruksi yang diberikan oleh tim penguji

Jangan ragu untuk bertanya jika ada instruksi atau hal yang belum jelas dan belum kita pahami. Ingat! Setiap tipe soal psikotes ada batas waktunya, jangan banyak bertanya saat pengerjaan soal berlangsung.

2. Lewatkan soal yang sulit dan kerjakan soal yang mudah

Jangan sampai waktu habis gara gara satu soal yang sulit, lewat dan pilih dan sisi terlebih dulu soal yang menurut kita mudah.

3.  Baca dan pahami soal dengan baik

Baca dan pahami soal dengan baik, agar dapat mengisi dengan tepat.

4.  Jangan malas untuk mengoreksi.

Jika masih ada sisa waktu pengerjaan, segera koreksi kembali soal yang sudah anda kerjakan, untuk memastikan tidak ada soal yang terlewat atau jawaban yang menurut anda belum tepat.

5.  Berdoa dan persiapkan mental anda

Bersikap tenang, percaya diri dan kuatkan keyakinan bahwa anda bisa melewati tes ini.
Kerjakan dengan maksimal dan jangan takut gagal! 

Tips Setelah Psikotes Berakhir

Tips Setelah Psikotes Berakhir

1.   Tetap berdoa

Berdoa meminta hasil yang terbaik kepada Allah atas apa yang sudah kita kerjakan. Karena doa merupakan salah satu pintu rezeki yang dijanjikan oleh Allah.

2.  Jangan menyalahkan diri sendiri jika merasa kurang maksimal mengerjakan psikotes

Jika hasilnya dari tes nantinya dinyatakan tidak lolos (Gagal), jangan berkecil hati, jangan bersedih. Masih banyak kesempatan kerja di waktu dan tempat yang mungkin lebih baik dari yang kita lamar sekarang ini.

Seperti yang sudah saya katakana sebelumnya di dalam psikotes tidak istilah gagal, cari pekerjaan yang minat anda jangan terpaksa dan ikut ikutan orang lain. Yang sudah sudah buat sebagai pengalaman agar nantinya bisa lebih dimaksimalkan agar dapat lolos di tes pskotes keja selanjutnya.

Jadi itulah Tips Sebelum Dan Saat Berlangsung Tes Psikotes Kerja. Seperti biasa Selamat mencoba.. Semoga bermanfaat… dan Terima Kasih…
Semoga Sukses….

0 Response to "Tips Untuk Menghadapi Tes Psikotes Sebelum Dan Saat Tes Berlangsung"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel