Tutorial Dasar Sublime Text 3 | Belajar Pemrograman HTML Dasar - Marzep Design

Tutorial Dasar Sublime Text 3 | Belajar Pemrograman HTML Dasar


Cara membuat web atau tampilan webnya kita perlu belajar Pemrograman. Sepert, HTML, CSS, PHP, Javascript dll. Untuk pembuatanya kita memerlukan sebuah software text editor. Banyak sekali pilihan yang bisa digunakan untuk belajar pemrograman, seperti contohnya, Noteped, Noteped++, Sublime Text, dan masih banyak lagi aplikasi text editor lainya. Bukan hanya untuk belajar saja tetapi banyak Progremmer Profesional juga menggunakan aplikasi ini. Yaitu, Sublime Text.

Nah, saya akan kasih tau software untuk belajar pemrograman HTML Dasar, yang paling di anjurakan sekali. Yaitu dengan Sublime Text. Sublime Text adalah sebuah software editor kode sumber lintas platform yang ekslusip dengan antarmuka pemrograman aplikasi python (API). Yang dikembangkan oleh Jon Skinner. Beliau merupakan seorang programmer asal Australia.

Sublime text 3 menyediakan berbagai Bahasa bahasa. Diantaranya PHP, CSS, C, C++, HTML, ASP, Java, dll. Software ini bisa lebih memudahkan pekerjaan pengguna saat membuat sebuah program karena manyak fitur fitur yang luar biasa berguna untuk memudahkan membuat struktur kode.

Baca Juga : Kamus lengkap CSS

Tutorial Dasar Sublime Text 3 | Belajar Pemrograman HTML Dasar

Sebagai seorang pemula yang ingin belajar pemrograman HTML dan Pemrograman lainya, yuk kita belajar Bersama. Dan menurut saya sangat di anjurkan untuk menggunakan Sublime Text 3 sebagai teks editornya, kita akan mulai Tutorial Cara menggunakan Sublime Text untuk belajar permograman dasar HTML.

Cara menggunkan Sublime Text

Langkah pertama
Silahkan download terlebih dulu aplikasi Sublime Text nya di sublimetext.com, jika sudah Install dan jalankan aplikasi Sublime Text 3. Maka akan muncul tampilan awal seperti gambar di bawah:

Tutorial Dasar Sublime Text 3 | Belajar Pemrograman HTML Dasar

Sebelum memulai Buat Folder baru dulu untuk menyimpan save-an nantinya, contoh seperti dibawah:

                            Cara membuat html Dasar

Langkah Kedua
Untuk memulai atau membuat halaman text editornya, Klik File kemudian New File atau bisa dengan CTRL + N.

Cara menggunkan Sublime Text

Langkah Tiga
Biasakan save terlebih dulu sebelum memulai, karena sublime text akan menyimpan secara otomatis pekerjaan kita, tapi ingat save terlebih dulu. Save di folder yang kita buat tadi. Contoh seperti dibwah:

 Cara menggunkan Sublime Text

Kemudian cari dimana folder yang sobat tadi buat. Jika sudah ketemu beri nama marzep.html atau terserah sobat mau apa asalkan dibelakang Namanya ada .html. contoh seperti gambar dibawah:

Cara menggunkan Sublime Text

Jika sudah di save lihat dibagian bawah kanan akan ada tulisan HTML, sebelum disave tadinya tulisanya Plain text. Kenapa ada tulisanya HTML nya? , karena sublime text mengenal mana Bahasa pemrograman yang akan di buat nantinya.

Langkah Keempat

Cara membuat HTML dengan Sublime Text
Buat struktur dasar html. Biasanya kalo membuat struktur dasar html menggunakan Noteped kita mengetik secara manual, contoh:

<html> <head> <title>Marzepcom</title> </head> <body> </body> </html>
Nah, dengan Sublime text kita bisa membuatnya secara otomatis, Contoh ketik html kemudian tekan Tab pada keyboard, secara otomatis akan muncul struktur html dasar. Contoh:

Cara membuat HTML dengan Sublime Text

Selanjutnya silahkan isi judul halamnnya di tengah tengah title dan tulis deskripsi singkat diantara body. Nah, di sublime text ini bisa melihat langsung hasil dari yang kita buat. Klik kanan dan pilih Open in Browser. Maka secara langsug akan menampilkan hasil yang kita buat di Browser. Contoh seperti pada gambar dibawah:

Cara membuat HTML dengan Sublime Text

 Hasil
Cara membuat HTML dengan Sublime Text

Terakhir
Jika sobat ingin memperbesar tulisan atau mengubah warna di sublime text.


Jika ingin memperkecil atau memperbesar klik preferences >> Font >> Larger/Smaller, jika ingin mengembalikan keukuran standar klik pilih Reset. Atau bisa memperbesar/kecil dengan ctrl + = atau ctrl + -

Cara membuat HTML dengan Sublime Text

Jika sobat ingin merubah tampilan warnanya sobat klik preferences >> Color Scheme >> kemudian pilih yang sobat inginkan. Contoh:

Cara membuat HTML dengan Sublime Text

Baca Juga: Dafrae kode Warna

Jadi itulah Tutorial Dasar Menggunakan Sublime Text 3 untuk membuat web sederhana. Diartikel selanjutnya kita akan membuat tampilan website sederhana menggunkan
HTML 5. Somoga bermanfaat.

6 Responses to "Tutorial Dasar Sublime Text 3 | Belajar Pemrograman HTML Dasar"

  1. Saya ga ngerti sama sekali bro ttg html dsbnya hehe nyimak aja

    ReplyDelete
  2. dibanyakin lagi artikel tentang edit html nya Hu, saya pasti kunjung terus
    kunjung balik ya pramukajitu.com ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan, tunggu update selanjunya. Terima Kasih udah berkunjung

      Delete
  3. Mantal Min. Min tentang cara design tampilan web dengan sublime. Saya tunggu Min. Good artikel

    ReplyDelete

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel