Cara Membuat QR Kode Batang Sendiri Mudah dgn GOQR.me | Apa itu QR Code? - Marzep Design

Cara Membuat QR Kode Batang Sendiri Mudah dgn GOQR.me | Apa itu QR Code?

Cara Membuat QR Kode Batang untuk URL Blog dan Link Artiekl Blogger - Di indenesia QR code pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS QR code atau banyak juga yang bilang kode batang, kode batang ini banyak di gunkan didunia digital, pembayaran atau transaksi juga banyak yang menggunkan QR code atau kode batang ini.

Teknologi QR code ini sangat populer oleh karena itu saya akan membagikan tutorial cara membuat QR code denga mudah dan praktis dengan menggunkan tools / generator online.

Cara Membuat QR Kode Badatang Sendiri dengan Mudah
Membuat kode batang atau QR code buka hanya untuk share file, Lokasi di google maps, namun admin membuatkan tutorial ini untuk membuat kode batang untuk blog anda sendiri.

Anda sebagai blogger bisa menggunkan teknologi QR code ini untuk share artikel ini dengan kode batang / QR code yang di tempel pada gambar atau thumbnail artikel anda.

Tapi sebelum jika anda belum tau apa itu QR code silahkan baca definisi berikut ini.

Apa itu QR code?

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.
Apa itu QR Code?
Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.(soon,2008). Itu menurut wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR

Fungsi QR code

Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring.

Fungsi QR code

Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR. Copas https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR

Kepentingan pendidikan

Implementasi presensi kuliah dengan menggunakan kode QR di Unika Soegijapranata, Kode QR juga mulai digunakan untuk kepentingan pendidikan, bukan sebatas penelitian, salah satunya untuk presensi perkuliahan.

Selain untuk presensi perkuliahan, dunia pendidikan juga menggunakannya sebagai sarana validasi ijazah dan transkrip nilai untuk mempermudah otentikasi ijazah dan transkrip secara waktu nyata.

Sedangkan untuk perpustakaan, kode QR digunakan untuk pembayaran denda dan layanan yang umumnya disediakan di perpustakaan Kode QR dapat dipasang pada kartu pelajar, sehingga akan mempermudah proses absensi siswa, dan mempermudah akses bagi para siswa, guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar. 

Kepentingan umum

Kode QR dapat dimanfaatkan sebagai keamanan makanan dengan cara menambahkan kode QR yang berisikan data-data mengenai kandungan nutrisi dan masa kedaluwarsa pada tiap label makanan sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang dibeli sebab mereka dapat mengetahui informasi-informasi tentang makanan tersebut. Di Jepang, hal ini telah diterapkan oleh McDonald.

Terdapat 19 jenis " sandwich " yang diberi kode QR yang mengandung informasi alergi, jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung dalam sandwich tersebut. Selain itu kode QR juga dapat diberikan di halte bus, sehingga penumpang dapat mengetahui keberadaan bus yang sedang ditunggu. Cara kerjanya adalah dengan memberikan hipertaut ke kamera CCTV di setiap jalan melalui koneksi internet pada ponsel.

Kepentingan komersial

Selain itu, desain QR memungkinkan penggunanya untuk memasukkan logo perusahaan, klip video ataupun foto ke kode QR, tanpa menghilangkan substansi informasi apapun dari sumber yang dimasukkan.

Contoh penggunaan kode QR yang didalamnya memuat konten klip video adalah kode QR yang digunakan oleh kelompok penyanyi dari Inggris bernama Pet Shop Boys pada tahun 2007.

Ketika kode dipindai dengan benar, maka pengguna akan diarahkan ke situs Pet Shop Boys. Selain itu pada tahun 2009 kode QR digunakan untuk kampanye pemasaran Movie 9 di San Diego Comic Con.

Pada saat itu, pelanggan diberikan kartu yang menampilkan kode QR yang telah terintegrasi dengan karya seni yang bersangkutan. Jadi, pelanggan dapat mengakses cuplikan film melalui kode QR tersebut. Copas https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR 

Baca Juga : "Daftar Template Blogger SEO"

Kelebihan kode QR

Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode biner.

Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter.

Selain itu kode QR memiliki tampilan yang lebih kecil daripada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR mampu menampung data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode batang. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%.

Oleh karena itu, walaupun sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat.

Barusan adalah tentang QR code saya copas dari wekipedia. Sekarang langsung saja ke tutorial cara membuat kode batang QR code dengan mudah dan praktis menggunkan generate online.


Cara Membuat QR code untuk link artikel dan blog


Membuat QR code sangat mudah sekali seperti tutorial dibawah ini:

Langkah 1 : Masuk Website Generetor QR code

Kita akan membuat QR code dengan Generator agar lebih praktis, ada 4 situs generator namun admin akan menggunkan situs GOQR.me.

Langkah 2 : Buat QR code

Jika sudah masuk halaman GOQR.me pilih icon bola dunia dan masukan URL blog subat atau URL artikel anda. Pada bagian samping akan secara otomatis QR code sobat akan dib buatkan, sobat tingal klik Download.

Cara Membuat QR code untuk link artikel dan blog dengan GOQR.me

Langkah 3 : Setting QR code

Setelah mengklik tombol download akan ada jendela seperti gambar di bawah, sobat bisa setting dan download kode batang milik anda sesuka hati. 

Cara Membuat QR code untuk link artikel dan blog dengan GOQR.me

Lagkah 4 : Pasang QR code disetiap Thubnail artikel

Sobat tinggal pasang QR code di setiap gambar artikel anda.

Cara Membuat QR code dengan lodo

Untuk membuat kode batang dengan logo sobat bisa menggunkan yang perbayar. atau bisa baca keterangan dari website GOQR.me tentang QR code ber logo.

Penutup

Jadi itulah tutorial Cara Membuat QR code batang dengan mudah dan praktis menggunkan tools online atau Generator GOQR.me. Semoga artikel panjang lebar ini bermanfaat bagi banyak orang, Terima kasih ...

9 Responses to "Cara Membuat QR Kode Batang Sendiri Mudah dgn GOQR.me | Apa itu QR Code? "

  1. Baru tau kalau blog itu bisa dibuatkan QR code begini. Kece, nih, patut dicoba. Semoga nggak susah bikinnya.

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata mudah juga caranya ya .. langsung coba deh thx gan infonya

    ReplyDelete
  3. Bagus nich, bisa dicoba. Thanks sangat informatif dan bisa nambah wawasan ttg barcode

    ReplyDelete
  4. Widih cuy, over cool nih artikel. Boleh dicoba langsung nih di blog gue. Ntaps dah. Thanks!

    ReplyDelete
  5. Mantap nambah ilmu baru lagi.. langsung mau coba praktekin

    ReplyDelete
  6. Awalnya Di point² terakhir saya susah ngepahami, ternyata adminya typo..wkwk
    Btw makasih ilmu barunya,

    ReplyDelete
  7. Awalnya Di point² terakhir saya susah ngepahami, ternyata adminya typo..wkwk
    Btw makasih ilmu barunya,

    ReplyDelete
  8. Yeaa bulan puasa dapat ilmu baru, yuhuyy, thanks gan:)

    ReplyDelete

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel