Sejarah Kota Malangbong Kabupaten Garut - Marzep Design

Sejarah Kota Malangbong Kabupaten Garut

Sejarah Malangbong - Malangbong adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kecamatan ini berjarak sekitar 44 Km dari ibu kota Kabupaten Garut ke arah timur laut. Pusat pemerintahannya berada di Desa Malangbong. Kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan paling berkembang di Kabupaten Garut.

Sejarah Malangbong

Sejarah Malangbong mungkin sudah lama dilupakan olah masyarakat Malangbong tersebut, karena itu saya selaku admin website marzep.com yang asli kelahiran Malangbong akan mempublikasikan kembali sejarah kota malangbong agar tidak terlupakan.

Sebelumnya Sejarah Kota Malangbong sudah dipublikasikan di Ragam Malangbong (http://malangbongku.blogspot.com/) yang mungkin adminya juga asal Malangbong. Baik langsung saja simak sejarah kota malangbong.

Sejarah Kota Malangbong

Kota Malangbong merupakan sebuah kota kecil yang berada di Kabupaten Garut bagian utara. Keadaan cuaca yang cenderung dingin dan berangin ini merupakan kondisi alam yang sangat khas dan merupakan fenomena alam. Hal ini dapat terjadi karena wilayah kota Malangbong ini berada di ceruk perbukitan dan pegunungan yang membentang sepanjang mata memandang, sedangkan angin yang meniup kencang terjadi karena adanya celah diantara dua gunung di bagian selatan menuju wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya.

Malangbong pada zaman dahulu merupakan sebuah hutan belantara yang ketika zaman penjajahan Belanda dijadikan daerah transit oleh pasukan Mataram untuk melintas menuju Markas Belanda di Batavia. Ketika itu tempat tersebut dibuka dan dijadikan daerah transit untuk menetap sementara waktu sambil mengumpulkan kekuatan, untuk selanjutnya menyerang pemerintah kolonial Belanda. Hutan yang kini Malangbong itu dibuka dan kemudian dijadikan sebuah kota tepatnya pada Tahun 1807 oleh seorang tokoh yang bernama Rd. Surayudha.

Rd. Surayudha lahir pada tahun 1787 di Limbangan Garut. Ia merupakan putra dari Rd. Wira Redja yang merupakan Bupati Pamanukan Subang keturunan Bupati Limbangan. Rd. Surayudha merupakan seorang pahlawan yang menentang Belanda bersama dengan Pangeran Diponegoro sampai pada Tahun 1830. Rd. Surayudha menikah dengan seorang Puteri Sultan Mataram yang bernama Rd. Siti Bunga Resmi kemudian menikah lagi yang kedua kalinya dengan Rd. Siti Komala seorang puteri Rd. Sutamanggala yang dikenal dengan sesbsutan Lebe Malangbong. Rd. Surayudha wafat pada tahun 1886 pada usia 99 tahun.

Nama Malangbong sendiri dinamai oleh Rd. Surayudha yang asal katanya adalah Pasir Malang Katembong sehingga akhirnya menjadi kata Malangbong. Malangbong menjadi kota kecamatan pada tahun 1872 dan yang menjadi camat pertama pada waktu itu adalah putra sulung Rd. Surayudha yang bernama Rd. Wira Bangsa yang diangkat oleh Pemerintah Kolonnial Belanda. Semenjak dijadikan kecamatan, Malangbong manjadi berkembang dengan adanya pasar, kantor pemerintahan, alun-alun, tempat ibadah dan lain sebagainya. Dan saat ini Malangbong menjadi daerah perlintasan tiga kabupaten yang memiliki potensi yang sangat besar dan potensial. Tentu ini menjadi modal besar bagi masyarakat Malangbong untuk lebih maju dan pesat dalam segala bidang pembangunan yang tengah digalakan dewasa ini.

Baca Juga : Lokasi Toko Oleh Oleh Khas Garut Pisan

Kelurahan/Desa

Hingga saat ini Malangbong sudah menjadi kota yang berkembang yang dibagi menjadi beberapa Kelurahan/Desa, diantanya.

  1. Barudua
  2. Bunisari
  3. Campaka
  4. Cibunar
  5. Cihaurkuning
  6. Cikarag
  7. Cilampuyang
  8. Cinagara
  9. Cisitu
  10. Citeras
  11. Karangmulya
  12. Kutanagara
  13. Lewobaru
  14. Malangbong
  15. Mekarasih
  16. Mekarmulya
  17. Sakawayana
  18. Sanding
  19. Sekarwangi
  20. Sukajaya
  21. Sukamanah
  22. Sukarasa
  23. Sukaratu
  24. Girimakmur, Malangbong
Pendidikan di kota malangbong juga semakin berkembang dengan banyaknya didirikan sekolah dasar (SD) sampai SMK/SMA.

Selain itu di kota malangbong juga banyak wisata yang bisa dikunjungi, diantanya.

Pariwisata

  • Jati Areuy Selfi Cobra (JSC) di Desa Cikarag
  • Puncak Indah Muncang Agung di Desa Malangbong
  • Situ Cibuyut di Desa Lewobaru
  • Curug Cipeusing di Desa Cilampuyang
  • Curug Cikumutuk/ Parigi di Desa Cilampuyang
  • Curug Citarik di Desa Sakawayana
  • Curug Cibodo di Desa Sekarwangi
  • Argowisata Strawbery Bakom di Desa Barudua
Itulah Sejarah Kota Malangbong yang tidak boleh kita lupakan sebagai masyarakat Malangbong.

Jika ada saran silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa share ka dulur urang sadaya :D

Cigalumpit Hadir...

0 Response to "Sejarah Kota Malangbong Kabupaten Garut"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel