Cara Membuat Laporan PKL, Prakerin Lengkap Dengan Contoh - Marzep Design

Cara Membuat Laporan PKL, Prakerin Lengkap Dengan Contoh

Marzeo.com - Praktik Kerja Lapangan atau yang kita sering sebut PKL, yang biasa di laksanakan setiap sekolah menengah kejuran atau SMK. Setiap 3 tahun sekali sekolah (SMK) selalu melaksanakan PKL atau Prakerin, dan itu kita di suruh membuat laporan PKL atau Prakerin lengkap, jadi murid SMK wajib tau cara membuat laporan PKL atau Prakerin yang  bagus dan lengkap.

Cara Membuat Laporan PKL, Prakerin Lengkap Dengan Contoh

PKl dan Prakerin arti yang berbeda namun tujuan yang sama agar setiap siswa tau dunia kerja yang sebenarnya. Banyak manfaat untuk siswa - siswi yang melaksanakan PKL atau Prakerin, olah sebab itu setiap Sekolah (SMK) menyelanggarakan PKL untuk setiap muridnya.

Terus apa sih bedanya PKL dan Prakerin itu?

Pengrtian PKL

PKL atau Praktik Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Pengertian Prakerin

Prakerin atau Praktek Kerja Industri kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa - siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.

Yang membedakan PKL dan Prakerin adalah tahun pelajaran atau kurikulum yang digunakan (Biasanya). Dalam pelaksanaan PKL atau Prakerin tentun memiliki tujuan yang sama dan manfaat yang sama untuk meningkatkan mutu siswa - siswi di Sekolah untuk masa mendatang.

Olah karena itu anak lulusan SMK siap untuk bekerja di Industri atau di perusahaan yang di inginkan.

Nah disini mimi tidak akan membahas seperti apa PKL atau Prakerin itu, namun disini mimin akan bahas bagaimana cara membuat laporan PKL atau Prakerin dengan benar.

Setipa siswa - siswi yang melaksanakan PKL atau Prakerin pasti di suruh membuat sebuah laporan yang lengkap dan benar, karena itu Anda perlu baca samapi selesai.

Cara membuat Laporan PKL SMK TKJ, TKR, STM, Pemasaran, Perhotelan, atau Perkantoran sama mudahnya karena jika Anda sudah melaksanakan PKL atau Prakerin pasti tidak akan terlalu bingung dan lagian pasti akan ada guru pembingbing untuk membantu atau mengoreksi hasil laporan pkl yang sudah di buat.

Cara Membuat Laporan PKL atau Prakerin

Dalam pembuatan laporan PKl atau Prakerin ada banyak halaman, bab atau poin poin penting dari awal halaman cover sampai halaman kesimpulan dan penutup yang harus di tulis benar dan memenuhi kriteria guru pembingbing.

1. Cover Laporan

Cover adalah halaman depan dari sebuah laporan pkl atau prakerin. Pada halaman depan atau halaman sampul biasa diisi dengan berisi judul, logo sekolah, biodata pembuat, tahun penulisan laporan tersebut dibuat. Untuk contohnya silahkan cek disini.

Di halaman sampul ini ada Judul Laporan, Tempat PKL/Prakerin, Jurusan, Logo Sekolah, Nama pembuat laporan (Nama Anda) dan NIS, Nama Provinsi dan Nama Sekolah yang perlu kamu ganti.
Cara Membuat Cover (Sampul) Laporan

2. Lembar Pengesahan Perusahaan

Sebelum Pulang dari tempat PKL atau Prakerin jangan lupa buat lembar pengesahan perusahaan yang nantinya akan di tanda tangan olah pimpinan perusahaan dan pembingbing saat di tempat PKL tersebut. Untuk contohnya silahkan cek disini.

Di lembar ini ada Nama Perusahaan, Judul Laporan, Nama Pimpinan Perusaha dan Nama Pembingbing di perusahaan yang perlu kamu ganti.

3. Lembar Pengesahan Sekolah

Selanjutnya adalah lembar pengesahan sekolah yang harus di tanda tangani oleh Kamu sendiri, Ketua Program Keahlian, Guru Pembingbing dan Kepala Sekolah. Untuk melakukan tanda tangan sebaiknya kamu dulu, kemudian Gurup pembingbing, Ketua program keahlian dan terakhir kepala sekolah,

Di lembar ini ada beberapa yang harus kamu ganti dan bisa kamu lihat di contoh yang sudah mimi sediakan, lihat contoh.

4. Identitas Siswa

Ini adalah lembaran identias pembuat laporan lengkap, kamu bisa lihat contohnya dan copas nanti kamu tinggal ganti sesuai identias kamu sendiri, contoh.

5. Daftar Isi dan Daftar Gambar Laporan

Selanjunya adalah daftar isi laporan, daftar isi seperti yang di buku - buku pelajaran biasnya, kamu bisa membuatnya setelah semua isi laporan selesai dan buat lah daftar isi. Berikut adalah contohnya.

6. Bab

Sekarang kita masuk ke bagian bab bab di laporanya, kamu bisa langsung lihat contoh bab pertama sampai bab terakhi dibawah ini.

Kamu tinggal copas dan mengganti apa yang seharhusnya kamu ganti agar sesuai dengan laporan yang diinginkan.



 4 Bap juga cukup yang jangan terlalu banyak karena lembanya juga udah banyak.

Tips Sukses Membuat Laporan PKL

Membuat Laporan PKL atau Prakerin juga ada beberapa tips yang harus diperhatikan, diantaranya.

1. Meminta Bingbingan

Meminta bingbingan untuk membuat laporan pkl biasa ke Guru pembingbing atau ke Kakak kelas yang perah membuat laporan.

2. Pilih Materi Laporan

Pilihlah materi laporan yang benar benar kamu kuasai agar saat sidang nanti kamu mudah menghapalnya.

3. Piasahkan File Lembar Laporan

Pisahkan setiap Lemar atau Bab agar tidak bingung saat ada kesalahkan, karena biasanya jika kamu membuat laporan dengan satu file utuh jika ada salah di tengah - tengah biasanya merusah atau menggangu halaman sebelumnya atau selanjunya, jadi lebih baik pisahkan lembar demi lembar seperti yang saya contohkan.

  • Cover Laporan
  • Lembar Pengesahan Perusahaan
  • Lembar Pengesahan Sekolah
  • Identitas Siswa
  • Daftar Isi dan Daftar Gambar
  • Bab I
  • Bab II
  • Bab III
  • Bab IV

Jika sudah di pisahkan file yang sudah 100% selesai dengan yang masih banyak salah tidak akan menggangu yang lain, jadi jika daftar isi masih salah maka bab I tidak tergangu.

Itulah tentang Cara Membuat Laporan PKL, Prakerin Lengkap Dengan Contoh, semoga bermanfaat untuk banyak orang, komen jika ada pertanyakan, kemudian share jika artikel ini bermanfaat.

_Terima Kasih...

0 Response to "Cara Membuat Laporan PKL, Prakerin Lengkap Dengan Contoh"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel