Cara Install Windows 7 Di VirtualBox Lengkap Gambar -Marzep Design

Cara Install Windows 7 Di VirtualBox Lengkap Gambar

Marzep ~ Tutorial Cara Install Windows 7 Dengan VirtualBox - Panduan ini akan menjelaskan cara instal windows 7 dengan virtualbox. Cara install windows dengan mesin virtualbox tidak jauh berbeda dengan instalasi windows aslinya hanya saja kita harus membuka terlebih dahul membuka aplikasi/mesin virtualbox baru memulai proses instalasi. Sementara instalasi pada komputer(PC)/Leptop “nyata” kita tinggal pasang media instalasi, Baik dengan CD/DVD atau flashdisk, Masuk bios dan ada beberapa hal yang harus di setting, restar lalu mulai instalasnya.

Alasan kita harus mempelajari cara instal windows dengan virtualbox, karna kita diharuskan belajar cara instal ulang windows, khususnya untuk anak teknik komputer jaringan. Nah, disini cara instal windows dengan virtualnya dan kita kalau sudah lancar/bisa instalasi di virtual nati kalau instalasi di komputer/leptop “nyata” ditak taku salah.

Cara Install Windows 7 Dengan VirtualBox

Cara Install Windows 7 Di VirtualBox

Persiapan untuk instalasi kita tentunya memerlukan aplikasi VirtualBox yang sudah terinstall di komputer maupun leptop dan file windows 7(ISO).

Langkah pertama masuk virtualbox, lalu klik “Baru

Cara Install Windows 7 Dengan VirtualBox

Terus akan tampil jendela Ciptakan Mesin Virtual(Create Virtual Machine) berguna untuk label dan jenis versi sistem operasi yang akan dinstall. Karna disini kita akan menginstall windows 7, saya berinama windows 7 dan secara otomatis tipenya Microsoft Windows, versinya kita bisa memilih windows 7 (64-bit) atau (32-bit) itu tersara mau pilih yang mana saja, saya akan  memilih (64-bit) Selanjutnya klik "Lanjut"

Akan tampil pengaturan jumlah memori yang akan dialokasikan untuk mesin virtual dalam satuan Megabyte(mb). Secara otomatis, virtualbox akan memberikan alokasi memori untuk sistem operasi window 7 yang akan diinstall, klik “Lanjut



Untuk ukuran memori yang ditunjukan oleh indikator warna hijau atau setangah dari total memori yang tersedia dan agar sistem operasi utama tidak terganggu, Selanjutnya klik”Lanjut” lagi.


Dalam pengaturan hard disk virtual,tersedia 3 opsi, kita pilih saja create a virtual hard drive now “buat hard disk virtual sekarang” opsi ini digunakan untuk membuat hard disk virtual baru untuk mesin virtual windows 7. Kemudian klik “Buat”.


Layar selanjutnya untuk menentukan jenis file hard disk virtual yang akan dibuat. Untuk setandarnya VirtualBox pilih saja format file VDI (VirtualBox Disk image) untuk menyimpan hard disk virtual, klik “Lanjut”.



Disarankan pilih saja Dynamically allocated “Dialokasikan secara dinamik”, karna akan digunakan berdasarkan berapa kapasitas hard disk virtual yang sudah di gunakan dan kapasitas hard disk virtual akan dibatasi berdasarkan ukuran yang telah ditentukan, klik ”Buat”.



Disini kita bisa menetukan nama tampilan dan nama folder penyimpanan file-file mesin virtual yang dibuat.

Di layar ini, juga dapat merubah kapsitas hard disk viertual yang dibutuhkan.

Jika kita tadi memilih dynamically allocated, maka dapat membuat ukuran hard disk virtual sampai 2 Terabyte(TB), walaupun hard disk fisik utama tidak samapai 2 (TB), kemudian “Buat”.



Selesai proses membuat mesin virtual windows 7 berdasarkan pengaturanya, tampilan sebuah mesin virtual windows 7 dalam keadaan kosong siap untuk instalasi. Untuk mulai instalasi klik2x ikon “mulai”.



Disini berfungsi untuk memilik disk Driver, karena mesin virtual yang dijalankan belum memiliki sistem oprasi, nah!, Kita isi terlebih dahulu.

Klik ikon dibagian kanan untuk memilih master windows 7.



Pilih sistem operasi yang akan digunakan. Cari dimana kalian menyimpan format file sistem operasi.  Format file sistem operasi dapat dalam bentu iso, cdr atau dmg. Klik pada file master windows 7 terus klik tombol Open.



Setelah meklik Open otomatis akan kembali pada tampilan pengisian sebelumya.

Setelah itu, klik “mulai” untuk memulai instalasi.



Untuk prosen instalasi selanjutnya, Langkah-langkahnya yang dilakukan sama seperti instalasi windows 7 di komputer/leptop “nyala”.

Untuk Languge to install pilih “English” saja, dan untuk Time and curreny format kita bisa ganti jadi “Indonesia”, klik “Next”.

Cara Install Windows 7 Dengan VirtualBox


Selanjut nya klik Install now.



Klik tulisan I accepted the license terms, kemudian klik “next”.


Karna kita sedang belajar instalasi saya sarankan untuk untuk pertama kalinya kita pilih yang kedua Custom(advanced).


Nah! Karena kita bukan lagi instalasi beneran jadi disi hanya ada 1 partisi saja, kalau instal ulang windows 7 di komputer/leptop akan ada beberapa partisi yang harus di setting sedikit, lah:v

Kita klik “next” aja iya.


Proses instalasi windows 7 belangsung. Proses ini memerlukan kurang lebih 10 meit.


Sesudah selesai akan dimita untuk mengisi nama pengguna dan nama komputer,
Itu terserah kita saja mau isi namnya disini saya akan beri nama AV dan nama komputernya juga Av saja;v , klik “next”.


Kemudian kita membuat password itu terserah kita aja mau di pass atau tidak, saya pilih tidak saja, klik “next”.


Silahkan masukan product key windows 7. Jika tidak punya product key, kita bisa lewati saja,
Klik “next”.


Disini karna kita instalasi virtual kita pilih aja ask me later, klik saja.


Untuk pengarturan waktu  langsung saja klik “next” atau terserah kalian mau diganti juga.


Untuk lokasi jaringan disarankan kita pilih Public Network.
Selesai itu ini lah tampilan windows 7 divirtual


Selesai itu ini lah tampilan windows 7 divirtual

Cara Install Windows 7 Dengan VirtualBox

Oh iya,Terus saat kalian mau keluar saya sarankan jangan langsung mengclose tanda panah diatas,
Klik ikon star lalu tekan shot down.


Penutup

Demikian lah tentang tutorial cara instal windows 7 di virtual box lengap dengan gambar, semga tutorial ini sangat bermanfaat dan bermanfaat bagi banyak orang khususna yang lagi mencari ilmu seputar dunia komputer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel