Tips Cara Mendapatkan Tempat PKL/Magang Jurusan TKJ, MM, Akutansi, TKR

Marzep.com - Tips cara mendapatkan tempat PKL di beberapa daerah seperti jakarta, bandung, jogyakarta dan lain-lain untuk jursan teknik komputer dan jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Akutansi, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan jurusan lainya di SMK.
Tempat PKL/Magang/Prakerin Jurusan TKJ, MM, Akutansi, TKR
Setiap tahunya sekolah menengah kejuruan atau yang kita sebut smk pasti mengadakan PKL/Prakerin, PKL dan Prakrin tentu berbeda, sekolah mengadakan PKL/Prakerin itu sesuai kurikulum yang digunkan.

Nah, mimin juga waktu sekolah pkl di daerah bandung tepatnya di gendung Istana BEC di Toko Dot Comp, Setelah PKL kamu harus membuat sebuah laporan dimana cara membuat laporan hasil pkl sudah mimin bahas sebelumnya.

Pada kesempatan yang baik ini mimin akan sharekan tips cara mendapatkan tempat pkl untuk semua jurusan dan tentu untuk di beberapa daerah di indonesia. Mencari tempat pkl sebenarnya gampang sekali dan perushaan atau toko yang menyediakan lowongan pkl atau magang di setiap daerah pasti ada dan pasti banyak

Kamu hanya perlu datang atau searching di google untuk mendapatkan informasi, tapi pengalaman baik mimin untuk mencari tempat pkl mending langsung ke temat yang ingin dituju, ya lah sambil main-main sama tema waktu smk dulu.

Oke karena basa basinya sudah basi dan sudah panjang mimin mau mulai nih, apa aja sih tips untuk medpatkan tempat pkl di daerah jakarta, bandung dan daerah lainnya.

Tempat PKL

Tips mecari atau mendapatkan tempat pkl ini berlaku untuk semua jurusan.

1. Pilih Teman PKL

Yang pertama kamu harus memilih teman pkl yang bisa diajak kerja sama, karena nantinya kamu akan satu temap pkl dan satu kosan tentu jangan memilih teman yang pemalas dan suka main, jangan sampai saat pkl kamu melah terbebani oleh teman kamu sendiri.

2. Pilih Daerah

Hal kedua yang kamu harus tentukan adalah mau pilih daerah mana untuk tempat pkl nya dan usahakan jangan terlalu jauh, jika jauh pun kamu harus mempersiapkan uang dan yang lainya.

Jika didaerah dekat rumah atau kota tinggalmu kamu bisa cari yang dekat dekat saja, kalo jauh kamu perlu pulang pergi dan itu juga kalo kamu sanggup.

3. Pilih Perusahaan

Hal ketiga adalah memilih atau menentukan perusahaan, setelah daerah yang dipilih kamu juga harus memilih perusahaan mana yang akan dijadikan tempat pkl.

Kamu juga harus punya beberapa pilihan tempat pkl (Perusahaan) jangan satu perusahaan yang dituju, karena mungkin di tempat pkl atau di perusahaan yang kamu tuju itu tidak menerika anak pkl jadi kamu harus memiliki cadangan perusahaan yang akan kamu ajukan pkl.

4. Datang langsung

Jika sudah mempersipakan beberapa piliha perusahaan yang akan kamu jadikan tempat pkl, sebaiknya kamu datangi perusahaa tersebut bersama teman atau gurumu, dan kamu datangi perusahaan tersebut 1 bulan sebelum pkl dilaksanakan.

Kenapa 1 bulan sebelum pkl dilaksakan? karena kamu harus mempersiapkan segala sesuatu untuk pkl, seperti uang, tempat kost, dan jangan lupa skill, kamu harus mengasah skill sesuai jursan masing masing, jangan sampai kamu cari tempat pkl, diterima, masuk pkl dan pengong aja karena tidak tau apa yang akan dikerjakan dan saat di suruh gak bisa.

5. Meminta Bantuan Guru

Jika kamu kesulitan dalam mencari tempat pkl kamu bisa meminta guru untuk mecarikan tempat yang bagus dan pastinya cocok dengan jursan kamu masing masing.

Jangan hanya ke guru saja kamu bisa bertanya ke kakak kelas yang sudah melaksanakan pkl, atau bertanya di grup-grup yang bersangkutan tapi awal kalo perempuan kalo ada cowok gak kenal ngasih tau tempat pkl dan nyuruh datang langsung, jangan langsung percaya percaya saja ya.

Kesimpulan

jadi untuk mendapatkan tempat pkl itu sangat mudah, kamu hanya perlu berdiskusi dengan teman teman yang akan pkl di tempat sama dan datangi perusahaan tersebut untuk mengajuka permintaan pkl.

Dan ingat saat ditempat pkl kamu harus jujur, sopan, rajin, gesit jangan pemau apa lagi malu-maluin perusahaan dan sekolah.

Saat pkl itu kamu memiliki tanggung jawab yang lumbayan besar karna kamu membawa nama sekolah dan perusahaan yang kamu harus dijaga, jangan membuat masalah seperti bolos tanpa ijin, malas-malasan saat ditempat pkl apa lagi mencui barang di perusahaan tempat kamu pkl.

Demikian tentang Tips Cara Mendapatkan Tempat PKL/Magang Jurusan TKJ, MM, Akutansi, TKR, semoga artikel ini bermanfaat bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel