5 Kesalahan Umum dan Solusi Buat Pejuang PTN 2020

MARZEP.com - Pada kesempatan ini saya akan bagas 5 Kesalahan Umum dan Solusi Buat Pejuang PTN, di tahun 2020 ini pasti juga banyak yang ini melanjutkan ke perguruan tinggi, khusunya saya.

Tapi tau gak kesalahan-kesalahan umun dan cara mengatasinya buat pejuang PTN 2020, tentu kamu ingin dan perlu tau 5 Kesalahan Umum dan Solusi Buat Pejuang PTN , karena akan membantu anda dalam mengindari kesalahan kesalahan tersebut.

Jika sudah membacanya pasti anda tau mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari, jadi ayo baca sampai selesai. Oya, kemaren banyak yang tanya portal ltmpt down, ini cara mengatasi portal ltmpt tidak bisa diakses.

Mungkin tulisan ini akan panjang sekali, tapi kalo emang suka baca mungkin tidak akan ada masalah, kalian juga tau kan manfaat membaca? ya kalo tau yuk simak sampai selesai tentang 5 Kesalahan Umum dan Solusi Buat Pejuang PTN 2020.

5 Kesalahan Umum dan Solusi Buat Pejuang PTN 2020

5 Kesalahan Umum dan Solusi Buat Pejuang PTN 2020
Saya akan bahas dulu kesalahan kesalahan para Pejuang PTN yang saya sebut sebagai PTN WARRIOR. Kesalahan ini biasa nya akan membentuk hal yang buruk dan dikenal sebagai LINGKARAN SETAN !! Lumbayan serem juga ya namanya,Tapi akan lebih serem kalau udah masuk didalam nya.

1. Terlalu Ngarep SNMPTN

Ini kesalahan yang paling umum bagi mereka yg masih kelas 12 ? Loh kok gitu ? Ya taulah kan SNMPTN kan Seleksi Nasional (baca : Nilai Rapor) Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Mekanisme SNMPTN itu adalah Nilai Rapor dr Semester 1-5 dlm Mapel Tertentu (biasanya sih Bhs. indonesia , matematika , Bhs inggris , dan  mapel peminatan (SMA) atau mapel kejuruan (SMK) ). Seleksinya memang uenak tinggal nungguin sekolah bikin daftar PDSS terus cek nilai di rapor sama PDSS lalu sahkan atau perbaiki baru sahkan, daftar dan tinggal nunggu. Udah gitu free lagi walau lu bukan peserta Bidikmisi (baca : Calon Anggota Clan Bidikmisi). Tapi ya asli ini gak usah diharapkan because sainganmu seluruh Indonesia. Apalagi yang ini sistem penilaiannya cuma diketahui oleh Allah dan juga Panitia SNMPTN.

2. Bingung Sama Pilihan Jurusan

Ini juga hal yg cukup BERBAHAYA !! Kenapa ? Biasanya kalau udah kek gini paling ujung2 nya ikut2 an kawan atau curhat ke ortu / BK / temen / gebetan / do'i alias pacar . dan biasanya bakal ada " mending jurusan X biar blabla..."
Kalau sudah gini , Congratulations you've gain a ticket to hell world.

Loh kok dapat tiket neraka dunia ? Karena kalau lu ikutin dan bidangnya bukan hobi lu ujung2 nya ngeluh lah ini lah itu lah blabla deh. Apalagi kalau udah kuliah, sayang kan kalau dapat kesempatan kuliah tapi bidang itu bukan bidang yang lo mau dan gak bikin lo tertantang. Kuliah bakal serasa di neraka dunia dan akhirnya lo tobat dengan cara Resign ataupun ngulang lagi. ada sih yg bisa survive tapi gak banyak dan banyakan D.O ditengah jalan.

3. Jarang Belajar

Ini penyakit yang cukup banyak dialamin bahkan saya sendiri pun juga ngalamin waktu tahun lalu dan berdampak ke tidak lulusan di SPMB PKN STAN (Seleksi menuju kampus impian agan TS). Malah curhat nih.

Nunda belajar ini memang banyak alasannya , mulai dr capek lah, ujian lah , PR lah , apalah banyak deh. Kadang kalau udah nunda bisa lalai sampai lupa kalau seleksi masuk perguruan tinggi (baca SBMPTN alias Seleksi Barengan Masuk PTN ya karena ujiannya serempak diseluruh Indonesia mau di UGM kek , UI kek , bahkan di ujung timur pun harinya sama ujiannya sama dll) udah mau dekett bangett. Ya ini buruk dan harus dihilangkan walau tak mu dah.

4. Cara Belajar Yang Salah

Baiklah jika kalian udah bisa nuntasin ketiga masalah diatas. Tapi apa masalah selanjutnya ? Siapa lagi kalau bukan CARA BELAJAR YANG SALAH . Udah beli buku SBMPTN , udah rajin dan gak ngarep sama SNMPTN tapi cara belajarnya eh latihan soal langsung tanpa menguasai materinya terlebih dahulu , ngapal rumus jembatan keledai carcep dll. Oke ini saya pun PERNAH BANGET ngalamin hal kayak begini. Akhirnya apa ? Usaha sia-sia dan kecewa.

Di awal cara kek gini it's oke buat nambah experience tapi kalau keterusan malah ngestuck.  ? Sebab soal soal SBMPTN itu dr tahun ke tahun banyak soal gaya baru dan materi yg harus lo kuasai cukup banyak biar bisa mengerjakan soal walau divariasikan sampai gimanapun asal paham KONSEP MATERI nya , soal itu rasanya uenakk banget, bikin excited banget ngerjainnya.

5. Tak Direstui Orang Tua

Nah ini yang paling LEGEND , kok hal ini masuk emang mau nikah apa ? Lah pengen kuliah sama nikah beda beda tipis cuy kendalanya. Restu orang tua ini layaknya senjata, kalau restunya baik maka lo bisa jadikan senjata andalan menuju PTN IDAMAN !! Tapi kalau gak direstuin ya malah jadi senjata bagi diri lu sendiri. Dilawan salah gak dilawan tersiksa macam megang granat dalam keadaan tangan terkena LEM SETAN. Kalau udah gini ya hanya Allah dan diri lu sama orang tua lu punya kuasa.

Oke 5 problematika yang ujung2 nya bakal jadi lingkaran setan inilah yang akan menjadi tantangan seorang PTN WARRIOR. Gimana ya cara ngatasin nya ? Kasih tau gak ya ? Oke here we go.

1. Jangan Pernah Berharap Pada SNMPTN

Ya masalah nomor 1 , problem solvednya juga di nomor 1. Gimana caranya ? Lo daftar aja SNMPTN dengan asumsi lo ga akan lulus SNMPTN jadi lo langsung belajar SBMPTN. Diterima anggap aja bonus dari Allah atas usaha do'a dan ikhtiar karena usaha merealisasikan niat melanjutkan perkuliahan mu ada, jadi gimana dong materi SBMPTN yg udh kepelajari ? Berguna banget kok. Buat membangun cara berpikir yg berbeda dan eksentrik dan membuat lo punya pola pikir seorang Mahasiswa sejati. Asal cara belajarnya bener aja  dan ga ngandalin rumus sakti jembatan keledai.

2. Cari Referensi Berbagai Keilmuan

Problem no 2 - Solved nya juga no 2 ( Masalah No 2 - Solusinya juga di no 2) Gampang , rajin ke perpus baik perpus sekolah kek perpus kota kan atau bisa manfaatin google kek buat searching daftar ilmu yang ada terus lo kepoin deh satu satu. Kalau lo udah ketemu sama bidang ilmu yang bikin lo makin pengen buat ngulik lebih dalam , CATAT LANGSUNG ! terus cari lah jurusan yang relevan. Misalnya : si X suka sama bidang ilmu politik atau sukanya ngepoin sesuatu yang berbau politik dan pengen banget ngepoin lebih jauh nah BRAVO ! si X bisa survive kalau masuk di FISIP tapi balik lagi ke si X nya bisa jadi pengen ngepoin ilmu yang lain.
Intinya carilah BIDANG YANG BIKIN LO TERTANTANG ! BIDANG YANG BIKIN LO EXCITED ! BIDANG YANG MANA LO GAK PERLU DISURUH SURUH BUAT NGEPOIN NYA !

3. Ciptakan Motivasi Belajar Lo Sendiri dan Singkirkan Distraction

Double problem solved for one problem in number three, biasanya sih motivasi yang ilang timbul dan berbagai distraction yang bikin lo males. Kalau gak tau distraction tuh gangguan.
Gimana sih biar bisa termotivasi sama diri sendiri ? Gampang kok ngomongnya prakteknya tergantung yaitu ubah mindset lo. Awal nya gak kerasa lama2 bakal otomatis kok motivasi itu tumbuh dalam diri lo. Jangan pernah katakan "TIDAK BISA" ketika lo mau belajar seleksi masuk PTN tapi ganti dengan kata "BELUM BISA" "PASTI BISA" , secara makna sih sama karena belum terbiasa tapi secara perspektif itu BEDA BANGET. Kata tidak itu memberikan penegasan sedangkan kata belum itu menjelaskan saja tanpa penegasan alias afirmasi. Yakin deh insyaallah. Soal distraction itu caranya bikin KOMITMEN sama diri lo sendiri. Misalnya lo malem pengen belajar ya belajar lah. Soal waktu sih terserah yang penting lo belajar nya mengerti dan paham. Kata2 yang familiar sebenarnya tapi ya gini realitanya. Kalau rasanya maless bangett ya motivawi diri sendiri terus menerus dan paksakan diri belajar. Eh kalau dipaksa ya susah dong. Makanya motivasikan dulu sampai ada rasa excited

4. Belajarlah dengan memahami konsep dasar bukan menghapal

Cara belajar ini  sebenarnya cukup ampuh lhoo. Woahh beneran , pernah dicoba waktu presentasi hasilnya bahasa ane jadi luwes dan gak terlalu ala ala textbook. Lah gimana coba ? Siapkan catatan , cari materi yang puanjang banget terus baca lalu catat ringkasan yang penting banget alias konsep dasarnya. Dipahamin dianalisa misalnya rumus persamaan garis adalah ( y - y1 = m (x - x1) ) nah gimana sih caranya nemuin y1 dan x1 nya ? Ada caranya. Nah dianalisa kenapa bisa gini kenapa bisa gitu. Bikin suara dalam otakmu. Hingga akhirnya PAHAM !! Lah apa bedanya sama hapalan ? Kalau hapalan itu terkonsep sama textbook jadi ya kaku , kalau ini mah catat nya dengan style mind map. Supaya bisa menyesuaikan sama pemikiran lo.

5. Bicarakan secara enjoyable dan Do'a kepada Allah

Pergi ke pasar , cari martabak , bawa pulang , kasih ke ortu lu , bikin teh kopi atau apalah , makan bareng , bicara deh dengan enjoy. Kalau gaada duit gimana ? Nabung dong. Martabak cuman 20ribu an men. Biasanya tingkat keampuhan nya  its okay. Atau variasiin sama cara lo yang penting jangan langsung nyerang dulu bawa santai dulu okey. Biarkan semuanya let it flow. Bicarakan baik2 dan bilang kalau itu memang cita cita lu, keinginan lu dan kalau perlu cari tokoh2 yang sukses pada bidang ilmu yang lo tekuni . dan katakan pada ortu lo kalau lo pengen jadi seperti itu. Insyaallah bakal didukung. Kalau gak juga ya banyakin do'a ke allah buat dibukakan pintu hati orang tua lo. Karena allah maha segala2 nya dan bisa dengan mudah bolakbalikin hati seorang manusia selayaknya balikin telapak tangan.

Demikian lah tentang 5 Kesalahan Umum dan Solusi Buat Pejuang PTN 2020, semoga bermanfaat bagi banyak orang, jika menurut kalian ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman yang lain ya agar mereka juga tau kesalahan kesalahan para pejuang ptn.

Terimakasih sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel