Apa itu Bitcoin? Berapa Keuntungan dari Bitcoin? -Marzep Design

Apa itu Bitcoin? Berapa Keuntungan dari Bitcoin?

Marzep - Banyak orang merasa Bitcoin sangat membingungkan padahal Bitcoin adalah sesuatu yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah dimengerti, tidak seperti yang Anda bayangkan. Seri pembelajaran ini bertujuan untuk membantu semua orang untuk mengerti dasar-dasar mengenai Bitcoin, dan seiring berjalannya waktu, kami akan menyediakan peluang pembelajaran untuk mereka yang ingin mengetahui lebih banyak.

Apa itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin? Berapa Keuntungan dari Bitcoin?
Bitcoin biasanya dijelaskan dengan membandingkan Bitcoin itu sendiri dengan sesuatu yang telah kita tahu sebelumnya, namun hal ini akan membuat Anda semakin bingung. Bitcoin adalah teknologi baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya, jadi cara yang lebih baik adalah dengan melihat Bitcoin sebagai kombinasi berbagai hal berbeda yang kita tahu:

Pertama, karena Bitcoin memudahkan Anda memindahkan uang, Bitcoin adalah sistem pembayaran, sama seperti metode transfer bank atau kartu kredit, namun Bitcoin sedikit lebih baik.

Kedua, Bitcoin mirip seperti emas - inilah mengapa banyak orang menyebut Bitcoin sebagai ‘emas digital’ atau ‘Emas 2.0’. Bayangkan Bitcoin sebagai emas yang berfungsi sebagai uang, namun Bitcoin sangat mudah untuk ditransfer (dipindahtangankan).

Ketiga, Bitcoin mirip seperti internet karena tidak ada satupun orang atau entitas yang mengontrolnya, jadi siapapun dapat menggunakannya sesuai keinginan mereka. Ini adalah karakteristik yang sangat unik.

Tiga karakteristik ini mendukung satu sama lain, dan menyatu sedemikian rupa. Rincian mendalam akan kami jelaskan di bagian selanjutnya. Untuk saat ini, bayangkan apa yang terjadi jika Anda meletakkan sebuah pot besar dan melemparkan kartu kredit, sepotong emas, dan sedikit ‘internet’ ke dalamnya - menyatukan semua itu - hingga mengeluarkan sesuatu yang baru - Bitcoin!

Keuntungan dari Bitcoin

Bitcoin dapat digunakan untuk pembayaran seperti dengan rupiah (atau mata uang lainnya). Bitcoin berkarakteristik matematis dan ia memiliki potensi yang sangat besar karena sifat tiada-batasnya yang memungkinkan nilai-nilai mikro jumlah Bitcoin untuk dikirim hampir tanpa biaya. Bitcoin membuka pintu ke banyak kemungkinan dan layanan yang belum terbayangkan.

Bitcoin adalah solusi yang efisien ketika menyangkut pemberian tip atau donasi melalui internet. Sumbangan dapat terlihat oleh masyarakat umum yang memungkinkan solusi keuangan yang lebih baik dan transparansi yang lebih besar untuk organisasi nirlaba.

Dalam situasi darurat seperti bencana alam, donasi di Bitcoin tiba lebih cepat bagi mereka yang membutuhkan sehingga mengurangi waktu respon internasional serta menjadi sangat efektif sebagai cara transfer tanpa gangguan.

Meskipun masih ada sedikit inisiatif, kita sudah bisa melihat proyek crowdfunding pertama yang terkait dengan Bitcoin lebih sering muncul.

Bagaimana Bitcoin diciptakan?

Untuk penciptaan mata uang virtual baru ini, sebuah program open source menghubungkan rekan-rekan di sepanjang jaringan yang dibangun khusus untuk tujuan ini.

Tidak seperti kebanyakan mata uang, Bitcoin tidak bergantung pada kepercayaan pada penerbit terpusat; melainkan diperintah oleh algoritma matematika kompleks terenkripsi yang merupakan blok bangunan utama dari protokol.

Bitcoin menggunakan basis data terdistribusi yang tersebar di seluruh node dari jaringan peer-to-peer ini untuk mencatat transaksi, dan menggunakan enkripsi untuk menyediakan fungsi keamanan dasar, seperti memastikan kepemilikan, dan menghindari pengeluaran ganda.

Pada dasarnya, semua transaksi bitcoin dicatat pada buku besar raksasa yang dibagikan oleh semua pengguna jaringan. Ketika seseorang menggunakan bitcoin untuk membayar sesuatu atau mendapatkan bayaran, transaksi yang dieksekusi dicatat pada buku besar umum ini.

Mesin-mesin yang menjalankan algoritma protokol bitcoin kemudian bersaing untuk menonfirmasi transaksi dengan memecahkan persamaan matematika yang kompleks, dan setelah blok diproses, mesin-mesin yang menjalankannya dihargai atas usaha mereka. Proses ini secara luas dikenal sebagai Pertambangan.

Baca Juga: Sejarah Bitcoin Diciptakan

Penutup

Demikian tentang Apa itu Bitcoin dan Keuntungan dari Bitcoin, semoga artikel ini bermanfaat bagi yang baru menganal dengan bitcoin.

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung ke halaman ini, dan jangan lupa share ke teman-teman kalian yang lain agar mereka juga tau dengan yang di maksud bitcoin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel