Cara Install Dan Konfigurasi Trixbox Voip Server Di VirtualBox & Aplikasi Zoiper

MARZEP.com- Cara Install Dan Konfigurasi Trixbox Voip Server Di VirtualBox Dan Aplikasi Zoiper - Komnfigurasi Trixbix Sebagai Voip Server terdapat di pelajaran TKJ Smk kamu akan di suruh install voip dan mengkonfigurasinya sampai bisa teleponan.

Tutorial vopi ini menurut saya sangat mudah sekali dan seru untuk dilakukan, biasanya untuk instal dan konfigurasi trixbox voip server dilakukan oleh 2 anggota atau 2 orang biasanya. Jika kamu masih belu tau langkah langkah install trixbox di virtual box silahkan simak sampai selesai.
Sebelumnya saya akan jelaskan sedikitnya tentang apa itu trixbox, voip server dan kegunaanya.

Apa Itu Voip Server?

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).

Kelebihan Voip

  1. Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Untuk dua lokasi yang terhubung dengan internet dan memanfaatkan VoIP, maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  2. Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada. Berguna jika  sebuah instansi sudah mempunyai infrastrktur jaringan. Jika memungkinkan, jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan fasilitas VoIP.
  3. Penggunaan  bandwidth  yang kecil.  Dengan  majunya  teknologi, penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil.
  4. Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX (Private Automated Branch exchange) yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
  5. VoIP bisa dibuat menjadi jaringan yang besar. Sebagai contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
  6. Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC, IP Phone, telepon konvensional dan smartphone.

Kekurangan Voip

  1. Kualitas suara tidak sejernih telepon konvensional. Hal ini adalah efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan Public Switched Telephone Network (PSTN) konvensional.
  2. Ada jeda (delay) dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara dan jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi yang  menggunakan VoIP.
  3. Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  4. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka jaringan data yang ada menjadi penuh, dan jika tidak diatur dengan baik akan menyebabkan kegagalan dalam komunikasi.

Sistem Operasi Voip Server (Open Source)

  1. Trixbox
  2. FreePBX
  3. Elastix
  4. Asterisk
  5. Briker IPPBX

Aplikasi Voip Client

  1. Zoiper
  2. X-Lite
  3. 3CX Phone
  4. Ekiga
  5. Yate Client
Setelah penjelesan panjang lebar diatas menganai VoIP Server, admin bakalan ngebangun VoIP Server menggunakan Trixbox dan VoIP Client menggunakan Zoiper dan 3CX Phone.

Apa Itu Trixbok ?

Cara Install Dan Konfigurasi Trixbox Voip Server Di VirtualBox & Aplikasi Zoiper
Trixbox (Asterisk@home) adalah VoIP Phone System yang berbasiskan sistem open source PBX (private Brance Excange) yang ketika sekali di-install kepad suatu PC dengan interface yang sesuai maka akan dapat di gunkan sebagai full feature PBX untuk pengguna rumahan, lembaga, dan lain sebagainya.

Trixbox sangat terkenal karena mengkombinasikan paket-paket Open Source Telepon terbaik yang disertakan di dalam sistem operasi tersebut. Dahulu seorang user dituntut untuk menjadi seorang programmer jika ingin mengimplementasikan VoIP karena User Interface yang tidak Friendly. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah seperti itu diluncurkannya Trixbox dengan penggunaan yang sangat mudah karena menu utama yang berbasiskan web browsure untuk menkonfigurasi dan mengatur sistem, serta pasket-paket untuk VoIP Server dijadikan dalam satu bundle dengan operating system CentOS sehingga menjadi sistem Trixbox CE.

Trixbox dibuat oleh Andrew Gillis pada bulan november 2004 dengan tujuan untuk membuat para pengguna komputer biasa dapat menggunakan secara maksimal Asterisk PBX system tanpa dibutuhkannya pengajar atau pengetahuan lebih mengenai VoIP. Sebelumnya Trixbox menggunakan nama Asterisk@home, namun dikarenakan Asterisk merupakan nama dagang dari perusahaan Digium.Ltd dan @home tidak sesuai dengan fungsionalitas dari Trixbox yang dapat melayani lebih dari sekedar pengguna rumahan atau bisnis sekala kecil dan menengah.

Trixbox Menggunkan Komponen-Komponen Berikut:

  1. Sistem Operasi : CentOS Linux
  2. Database : MySQL
  3. VoIP Server : Asterisk
  4. Tampilan GUI : FreePBX

Langkah Langkah Instal Trixbox di Virtual Box

Untuk bahan yang digunkan kamu tidak usah mikirin karena biasanya guru atau pengajar sekolah sudah menyediakanya dengan lengkap.

Tampilan pertama yang muncul pada trixbox. pada tampilan ini tekan ↵Enter saja untuk melanjutkan penginstallan.

Langkah Langkah Instal Trixbox di Virtual Box

Tahap selanjutnya adalah pemilihan bahasa yang akan digunakan, biasanya saya memilih english, setelah itu klik OK.


Tahap selanjutnya akan muncul tampilan keyboard type. Rekomendasi pilih saja US, dan klik OK.


Tahapan selanjutnya akan muncul tampilan time zone selection, dan pilih saja asia/jakarta, dan klik OK.


Tahapan selanjutnya akan muncul tampilan root password, masukkan password yang nantinya akan kalian gunakan, setelah itu klik OK.


Tahapan selanjutnya akan muncul tampilan package installation, pada tahapan ini tunggu hingga selesai.


Setelah proses instalasi selasai, maka tahapan selanjutnya akan muncul tampilan " Welcome To Trixbox CE ". Silahkan login menggunakan root, dan password root : yang tadi sudah di buat.


Setelah berhasil login pada sistem trixbox, kemudian ketik perintah system-onfig-network-tui untuk mengkonfigurasi ip address.


Tahapan selanjutnya muncul select a device, disini kamu pilih saja device yang ada yaitu eth0 biasanya pilihan paling atas, lalu klik Enter.


Tahapan selanjutnya akan muncul deverment configuration, sesuai dengan ip address jaringan yang sudah ditentukan.

Disini saya menggunkan:

IP Address : 172.16.2.155
Netmask    : 255.255.255.0
Gateway    : 172.16.2.1

Jika sudah mengatur IPnya maka kamu bisa melanjutkan ketahap berikut dengan klik OK.


Kemudian kamu merestart network, dengan cara ketik service network restart Enter.


Langkah Langkah Konfigurasi Server Trixbox

Konfigurasi server Trixbox lewat web browser pengguna dengan memasukan ip address trixbox pada address bar browser. Kemudian pilih User mode [switch] untuk masuk ke mode administrator trixbox.

Langkah Langkah Konfigurasi Server Trixbox

Masukan username: maint dan password: password. Pilih Log In.


Setelah berhasil login kedalam mode administrator, Kemudian setting/tambahkan extension (nomor telpon yang bisa diguakan oleh client/pengguna). Pilih PBX → PBX Settings → Extensions → Device: Generic SIP Device → Submit.


Tahapan selanjutnya akan muncul tampilan Add SIP Extension, masukan (sesuai yang diinginkan) :

  • User Extension : 1001 (nomor telpon)
  • Display Name : A (Nama register)
  • Secret : 1001 (password)
  • Status voicemail : Enable
  • Voicemail password : 1001
  • VmX Locater : Enable
  • Use When : unavailable , busy , standard voicemail prompts.
Pilih SubmitApply Configuration Changes.


Tahapan selanjutnya pada tampilan Apply Configuration Changes, pilih saja Continue with reload.


Ini adalah contoh Extersion yang barusan selesai dibuat.


Langkah-langkah Kkonfigurasi Voip Clint (DESKTOP)

Aplikasi VoIP Client (Desktop) yang digunakan oleh admin adalah Zoiper. Untuk download aplikasinya bisa disini.

Tambahkan account pada aplikasi Zoiper, pilih Settings >> Create a new account.
Langkah-langkah Kkonfigurasi Voip Clint (DESKTOP)

Jika sudah muncul tampilan Account Wizard, pilih SIP.

Kemduain Masukan user extension yang sudah di buat pada server trixbox beserta password extension dan alamat ip address trixbox.


Juka Zoiper sudah dikonfigurasi dan siap digunakan untuk menelpon sesama extension yang ada pada server trixbox.

Sekarang ke langkah akhir..

Langkah Langkah Konfigurasi Voip Clint HP (Smartphone)

VoIP Client yang digunakan untuk smartphone bisa juga menggunakan Zoiper. Jika belum punya aplikasi Zoiper nya silahkan download di Google Paly Store atau bisa klik disini.

Selanjunya kamu tinggal perhatikan gambar - gambar dibawah.

Langkah Langkah Konfigurasi Voip Clint HP (Smartphone)


Telpon dari Zoiper Desktop Ke Zoiper Smartphone.


Jika sudah ada panggilan telepeon silahkan angkat, dan kamu bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

Penutup

Demikian lengkah -  langkah Cara Install Dan Konfigurasi Trixbox Voip Server Di VirtualBox & Aplikasi Zoiper, semoga tutorial ini bermanfaat bagi banyak orang termasuk saya juga.

Semangat terus untuk belajar tentang ilmu komputer (TKJ) karena pelajaran teknik komputer dan jaringan itu sangat seru sekali.

Jika menurut kalian tutorial ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman - teman kalian yang lain agar mereka juga tidak kebingungan dalam konfigurasi trixbox, silahkan klik tombol sharee dibawah👇👇👇👇.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel