Buruan Baca Cara Mendapatkan KIP Kuliah Tahun 2020!

MARZEP.com - Kata kunci yang banyak dicari di google adalah kip kuliah kemendikbud, http kip kuliah kemendikbud go id, https kip kuliah kemdikbud go id, cara daftar kip kuliah, cara mengurus kip kuliah, cara mendapatkan kip kuliah 2020, kip kuliah syarat, cara mendapatkan kip kuliah 2019, cara membuat kartu kip 2019 online.

Cara Mendapatkan KIP Kuliah 2020

Cara Mendapatkan KIP Kuliah 2020
Berdasarkan saduran dari kompas.com, bahwa Pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 7,5 triliun di RAPBN 2020. Angka itu naik 53 persen dari program Bidik Misi 2019. Program ini menjadi salah satu dari empat program yang dicanangkan pemerintah pada pendidikan nasional.

Adapun anggaran total pemerintah di bidang pendidikan sebesar Rp 505,8 triliun atau 20 persen dari RAPBN 2020. Namun banyak peserta didik, orang tua wali murid, tenaga administrasi sekolah dan pihak lainnya yang masih bingung bagaimana sistem dari KIP Kuliah tersebut dan bagaimana cara mendapatkannya.

Peserta didik yang ingin mendapatkan KIP kuliah harus lulusan pemegang KIP di sekolah menengah atas (SMA).

Selain itu, peserta didik harus diterima dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terakreditasi A ataupun B. Syarat penting lainnya, mereka harus menyertakan keterangan keluarga tidak mampu dan penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Lalu bagaimana cara mendapatkan kartu KIP bagi peserta didik yang belum punya?

Berdasarkan pengalaman kami terdapat banyak informasi yang simpang siur bahwa pengusulan KIP dapat dilakukan melalui Aplikasi Dapodikdasmen di Lembaga Pendidikan (Sekolah), ada pernyataan lain bahwa pengajuan dapat dilakukan melalui Dinas Sosial atau Kelurahan.

Bahkan ada yang menyebutkan pengajuan KIP dapat dilakukan melalui Dinas Pendidikan atau Cabang Dinas Pendidikan terdekat.

Dalam 1 tahun terakhir kami mencoba melakukan pengusulan KIP menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) melalui Aplikasi Dapodikdasmen (Sekolah) akan tetapi tidak ada proses penjaringan data sama sekali, peserta didik yang kami usulkan tidak ada yang menerima KIP.

Saat kami melakukan koordinasi ke Cabang Dinas dikatakan bahwa Cabang Dinas hanya menerima laporan pencairan KIP saja, tidak bisa melakukan pengajuan penerbitan KIP. Saat kami telusuri ke Kelurahan ternyata ada Aplikasi baru milik KEMENSOS RI yaitu Aplikasi SIKSNG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) yang datanya terekam dalam Basis Data Terpadu (BDT), BDT tersebut digunakan sebagai data penjaringan calon penerima bantuan dari KEMENSOS RI diantaranya PKH, KKS, KIS dan lain-lain, oleh karena itu peserta didik yang melakukan pengusulan KIP menggunakan SKTM datanya harus masuk ke dalam BDT – SIKSNG milik KEMENSOS RI, karna dalam basis data tersebut akan dijaring siapa yang berhak menerima bantuan dan siapa yang belum berhak, selain memastikan data sudah masuk ke BDT peserta didik juga melakukan pengusulan ke Lembaga Pendidikan (Sekolah) agar diusulkan melalui Aplikasi Daposiksmen, kemungkinan database antara Dapodikdasmen dengan BDT akan disinkronkan, diverifikasi dan di validasi untuk penerbitan SK Penerima bantuan.

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa untuk dapat masuk ke Basis Data Terpadu (BDT) yang bisa diproses melalui Kantor Kelurahan, peserta didik calon penerima bantuan harus benar-benar dari Keluarga yang tidak mampu, proses pengentrian ke dalam BDT mungkin membutuhkan verifikasi dan validasi serta Musyawarah dari Pihak Perangkat Desa agar bantuan tersebut tidak salah sasaran.

Khusus untuk peserta didik dari SMAN 1 Pare kediri yang akan mengajukan KIP Kuliah dapat membawa SKTM dan diserahkan kepada guru wali BK (Bimbingan Konseling) masing – masing dengan catatan peserta didik melakukan konfirmasi dan permohonan ke Kantor Kelurahan agar data dapat dimasukkan pada Aplikasi SIKSNG / Basis Data Terpadu. Karena pengaju SKTM belum tentu datanya masuk pada Basis Data Terpadu

Kementrian Sosial memiliki pertimbangan khusus dalam menerbitkan SK Bantuan, karena kami dari pihak Lembaga (Sekolah) maupun dari Kelurahan hanya melakukan pengusulan, tidak berhak menentukan keputusan pemberian bantuan Program Indonesia Pintar tersebut.

Sumber Gambar: Okezone News

Penutup

Demikian lah info tentang Cara Mendapatkan KIP Kuliah Tahun 2020, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah setia membaca, semoga sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel