Latihan Soal UN UNBK Ekonomi Untuk SMA Dan Pembahasan Tahun 2020

MARZEP.comLatihan Soal UN UNBK Ekonomi Untuk SMA Dan Pembahasan Tahun 2020, Mohon maaf karena baru ada sedikit karena kemungkinan berlum rilis, soalnya setiap saya upload kisi kisi juga mengambil dari situs lain.

Walaupun baru sedikit kalo memang butuh kenapa tidak di perlajari? jadi ayo pelajari Latihan Soal UN UNBK Ekonomi Untuk SMA Dan Pembahasan Tahun 2020 yang sedikit ini tapi banyak manfaat yang di dapat.

Latihan Soal UN UNBK Ekonomi SMA dan Pembahasan 2020. Ujian Nasional (UN) SMA akan diselenggarakan dengan dua media ujian, yaitu Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Contoh Latihan Soal UN UNBK Ekonomi SMA beserta pembahasannya dapat teman-teman pelajari di bawah ini, agar lebih siap dalam menghadapi soal ujian nasional Ekonomi SMA Tahun 2020 mendatang.

Latihan Soal UN UNBK Ekonimi SMA

Latihan Soal UN UNBK Ekonimi SMA

1. Terbatasnya jumlah garam yang ada membuat harga garam menjadi tinggi. Tingginya harga garam sangat berdampak besar dalam kehidupan masyarakat salah satu akibatnya adalah membuat semua produk yang berkaitan dengan garam menjadi ikut melambung. Cara mengatasi permasalahan tersebut adalah.....

A. menambah jumlah pasokan garam untuk menurunkan harga
B. menghimbau untuk meminimalisir pemakaian garam
C. mengadakan hari garam gratis
D. Melakukan stok garam sebanyak mungkin sebelum harga lebih tinggi
E. jangan memasak atau berproduksi menggunakan garam

2. Belum lama ini Pak Wahyu menerima warisan sebesar Rp250.000.000,00. Agar uang yang diterimanya bermanfaat dan menambah penghasilan, dia akan membuka usaha. Oleh sebab itu muncul beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa usaha tersebut harus dilakukan?
Usaha apa yang akan dilakukan?
Bagaimana cara mengelola usaha tersebut?
Bagaimana cara menggunakan mesin-mesin dalam usaha tersebut?
Dimana usaha tersebut akan dilaksanakan
Siapa yang menjadi sasaran konsumen dari usaha tersebut?

Berdasarkan pernyataan di atas, masalah pokok ekonomi modern yang dihadapi Pak Wahyu adalah .....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 5, dan 6

3. Ketika Rendy telah lulus dari SLTA, ia memiliki pilihan untuk membuka usaha sendiri dengan penghasilan Rp250.000,00/hari, bekerja di perusahaan orang tuanya dengan gaji Rp6.500.000,00 atau bekerja di perusahaan pamannya dengan gaji Rp8.000.000,00 per bulan. Jika Rendy memilih untuk membuka usaha sendiri, maka berapakah biaya peluang Rendy.....

A. Rp7500.000,00
B. Rp250.000,00
C. Rp8.000.000,00
D. Rp6.500.000,00
E. Rp9.000.000,00

4. Harga mobil di suatu daerah meningkat sebesar 40% sehingga menyebabkan permintaan terhadap mobil mengalami penurunan sebanyak 45%. Berdasarkan kondisi tersebut, elastisitas permintaan sepeda motor bersifat.....

A. inelastis sempurna.
B. elastis
C. elastis sempurna
D. inelastis.
E. elastis uniter.

Pembahasan Soal Ujian Nasional Ekonomi SMA

1. Kunci Jawaban A
Semakin tinggi kelangkaan suatu barang maka harganya akan makin tinggi juga. Kasus garam di atas dapat diatasi dengan cara menambah pasokan garam melalui impor garam dari luar negeri oleh pemerintah. Hal ini akan menurunkan tingkat kelangkaan garam sehingga harga garam akan ikut turun. Impor garam merupakan solusi jangka pendek sedangkan solusi jangka panjangnya adalah peningkatan produksi garam.

2. Kunci Jawaban C
Inti masalah ekonomi atau persoalan dasar ekonomi adalah:
  • Secara klasik, masalah ekonomi meliputi: Masalah Produksi, Konsumsi dan Distribusi
  • Secara Modern, masalah ekonomi meliputi: Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (what), bagaimana cara memproduksi (How), dan untuk siapa barang-barang tersebut (For Whom)

3. Kunci Jawaban C
Biaya peluang merupakan kesempatan terbaik yang hilang karena telah memilih suatu pilihan. Karena Rendy memilih untuk membuka usaha sendiri, maka Rendy kehilangan kesempatan untuk bekerja di perusahaan orang tuanya dengan gaji Rp6.500.000,00 dan bekerja pada perusahaan Pamannya dengan gaji Rp8.000.000,00. Kesempatan terbaik yang hilang adalah bekerja pada perusahaan pamannya dengan gaji Rp8.000.000,00 maka biaya peluang Rendy adalah Rp8.000.000,00.

4. Kunci Jawaban B
ΔP = 40%
ΔQ = 45%

E = (%ΔQ) / (%ΔP)
E = 45/40
E = 1,125 (elastis karena E > 1)

Penutup

Demikian Info Tentang Latihan Soal UN UNBK Ekonomi Untuk SMA Dan Pembahasan Tahun 2020, Mohon maaf karena belum bisa memuaskan kalian untuk belajar, nanti kalo sudah full mimin akan posting dan share di grup-grup fb oke. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel