-->

Terbaru! Panduan Pendaftaran KIP Kuliah (KIPK) 2020

MARZEP.com - Halo teman-teman seperguruan, kali ini saya akan bagikan tutorial atau panduan pendaftaran KIP kuliah (KIPK) 2020, bagi kamu yang masih bingung atau wawas dangan cara pendaftaran KIP kuliah (KIPK) pada tahun 2020 ini silahkan simak sampai selesai.
Pendaftaran KIP Kuliah (KIPK) 2020
KIP Kuliah merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu siswa (dari keluarga) yang kurang mampu dalam segi ekonomi untuk dapat melanjutkan kedunia pendidikan yang lebih tinggi.

Berlaku untuk siswa yang ingin mengajukan KIP Kuliah dan ingin lanjut kuliah mulai lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020 nanti. Dan berikut adalah alur panduan pendaftaran kip kuliah (KIPK) 2020.

Pendaftaran KIP Kuliah (KIPK) 2020

Pahami cara pendaftaran kip kuliah 2020 ini dengan teliti agar tidak ada salah paham, dan jika bermanfaat silahkan kalian share ke media sosial kalian, agar meraka juga tau yang kita tau.

1. Pahami Sebelum Mendaftar KIP Kuliah

Pada Tahun 2020 sekarang pendaftaran akan dilakukan pada halaman web
kip-kuliah.kemdikbud.go.id (atau aplikasi KIP Kuliah) dan adik.kemdikbud.go.id (belum rilis sampai saat ini).

Untuk bisa mendaftar akun KIP Kuliah nanti, syaratnya adalah siswa tersebut wajib sudah terdaftar di data BDT Kemensos. Hal ini dijelaskan oleh akun instagram alumni bidikmisi Indonesia untuk tahun 2020.

Baca Juga: Apa Arti Dari BDT,Data PBDT, Manfaat dan Dasar Hukum PBDT ?

2. Mendaftar Akun KIP Kuliah

Pertama, Siswa yang mendaftar dan telah terdaftar di BDT Kemensos diatas melakukan pendaftaran di laman web kip-kuliah.kemdikbud.go.di. Hal yang perlu dipersiapkan kamu antara lain:
  1. Nomor Induk Keluraga (NIK) atas nama siswa yang bersangkutan,
  2. NISN siswa,
  3. NPSN sekolah,
  4. dan e-mail yang aktif siswa untuk verifikasi akun.
Kedua, Setelah aktivasi dan verifikasi akun maka akan dilakukan validasi data antara data dapodik kemdikbud (melalui NISN dan NPSN) dan data DTKS Kemensos (BDT) melalui NIK.
Jadi pastikan sudah terdaftar di BDT Kemensos.

Jika sampai disana ditolak tolong bantu isi Kuisioner berikut ini yang dilakukan dibawah permadanidiksi : http://bit.ly/KuisionerAwalKIPK

Ketiga, Jika siswa dinyatakan valid maka akan masuk pada proses selanjutnya yaitu pengisian data dan keperluan yang ada untuk mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses. Oya kalau dulu namanya KAP kalau waktu bidikmisi.

Keempat, mengisi data yang diperlukan.

Kelima, mendaftar melalui seleksi SNMPTN/SBMPTN/Mandiri/SMPN.

Biasanya saat mendaftar ini, siswa disuruh memasukkan KAP (Kode Akses) pada akun pendaftaran (misal SNMPTN/SBMPTN) yang kita peroleh dari akun KIP Kuliah.

Kenam, Jika siswa dinyatakan "diterima/lolos PTN" belum tentu langsung diterima juga sebagai penerima "KIP Kuliah". Karena PTN lah yang akan menentukan siswa tersebut layak atau tidak dengan melakukan beberapa hal seperti.
  • Wawancara dan verifikasi oleh pihak PTN secara personal dan tidak bisa diwakilkan saat daftar ulang
  • Terkadang ada survei langsung ke rumah pelamar KIP Kuliah
  • Jika dinyatakan lolos maka akan dikeluarkan SK Rektor siapa saja yang memperoleh bantuan ini.
Penutup
Jadi itulah informasi penting tentang panduan pendaftaran kip kuliah (kipk) 2020, jika kurang paham kamu bisa lihat gambar dibawah ini.

 Pendaftaran KIP Kuliah (KIPK) 2020

Sumber referensi: Draft Pedoman KIP Kuliah dan instagram.com/permadanidiksinasional

Update Terkahir 13 Februari 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel