Apa Itu PPPoE ? Berikut Pengertian PPPoE

Apa Itu PPPoE? - PPPoE adalah sebuah protocol jaringan untuk melakukan enkapsulasi frame Point-to-Point Protocol (PPP) di dalam paket Ethernet. PPPoE biasanya diterapkan oleh penyedia layanan internet (ISP) sebagai pengganti alamat IP static maupun IP dynamic yang diberikan kepada client.
Apa Pengertian PPPoE
Dengan PPPoE, maka kita tidak perlu lagi mengkonfigurasi alamat IP static maupun dynamic untuk menghubungkan modem ataupun router ke jaringan internet. Pihak ISP akan memberikan informasi username dan juga password PPPoE yang bisa kita dial-up dari modem, kemudian alamat IP, subnet mask, default gateway dan DNS akan terkonfigurasi secara otomatis di modem kita. Selain itu, penggunaan PPPoE juga berguna untuk menangkal netcut, dengan demikian maka jaringan kita akan lebih aman dibandingkan menggunakan IP static maupun IP dynamic.

Dalam study kasus kali ini saya menggunakan router mikrotik untuk melakukan dial-up pppoe client, jadi topologinya kurang lebih seperti ini Internet ~> Modem ONT ~> Router Mikrotik. Biasanya, jika kalian berlangganan internet FTTH (Fiber to the Home), maka dial-up pppoe akan dilakukan pada modem ONT, namun pada study kasus ini modem ONT hanya akan berfungsi sebagai bridge saja.

Jika modem ONT kalian belum dikonfigurasi menjadi bridge, silahkan hubungi ISP tempat kalian berlangganan, atau kalian juga bisa menyetingnya sendiri dengan mengikuti panduannya yang sudah saya posting di blog ini.

Jika modem ONT sudah disetting menjadi mode bridge, tahap berikutnya yaitu mengkonfigurasi pppoe client pada router mikrotik agar router mikrotik dapat melakukan dial-up ke pppoe server yang berada disisi ISP tempat kamu berlangganan.

Cukup sekian sedikit penjelasan tentang Apa itu PPPoE. Semoga artike ini bisa bermanfaat buat kalian yang sedang belajar jaringan, terus semangat belajarnya dan sukses selalu 💪

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel